KKM Pansimas Dan Perangkat Kampung Tanjung Neraca Gelar Pelatihan

Harian 9 author photo



ACEH TAMIANG| HARIAN9
Kelompok Keswadayaan Masyarakat Program Penyedian Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (KKM Pamsimas) Aceh Tamiang bersama pemerintahan Kampung Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang, menggelar pelaksanaan Pelatihan Kontruksi Sarana Air Minum Dan Sanitasi Dan Pengadaan Barang Dan jasa.  dikantor Datok Penghulu Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang, Sabtu (28/07/2018).

Menurut Ketua Tim Tim fasilitator Teknik  Pamsimas Syahrial menyampaikan,  Kegiatan Pelatihan ini yang terus berjalan, guna menmemberikan penjelasan terkait Metode Pengadaan Barang Dan jasa kepada Para peserta. 

"Metode ini mengajak partisipasi masyarakat setempat secara swadaya menyediakan barang atau jasa yang diperlukan tanpa melibatkan pihak ketiga," ucapnya.

Dikatakannya, pembelian matrial langsung dengan  survey perbandingan hargisa menjadi perbandingan harga, dari  harga 100 juta rupiah  untuk barang dan paket menjadi dibawah 50 juta rupiah untuk jasa. Dengan cacatatan pembelian matrial  dari harga yang disuvey di Toko.

Disebutkannya, ada dua alasan untuk metode penunjukan langsung, yang pertama, alasan teknis lokasi didaerah terpencil, biasanya hanya ada satu  Toko/Pemasok yang memenuhi Kualifikasi didaerah tersebut atau dikecamatan yang berdekatan.  Kedua, yakni alasan non teknis, proses penawaran telah dilakukan sebanyak dua Kali tetapi harga penawaran toko/pemasok nilainya diatas harga pasar.

Sementara itu Fasilitator Program Pamsimas Dedi Wahyudi, SE menyampaikan,  Pelatihan Ini berjalan Selama 2 (Dua) Hari yang Dimulai dari Tanggal 28 juli Sampai 29 Juli 2018. Mudahan berjalan baik dan tidak ada kendala.

"Anggaran Program Pamsimas ini bersumber 70 % dari APBN/APBD tahun 2018, 16% Inkind  atau partisipasi Masyarakat dan 4 % inkes atau uang Tunai dari Masyarakat penerima Manfaat serta wajib minimal 10 % dari Anggaran ADD 2018," Ungkapnya.

Dijelskannya, tujuan dari inkind dan inkes ini adalah partisipasi masyarakat, diharapkan masyarakat punya rasa memiliki tehadap Bangunan SPAM. Sehingga dengan kebersamaan dapat menjaga dan merawatnya jika program terlaksana sesuai dengan rencana. 

"Untuk wilayah Kecamatan Manyak Payed program Pamsimas untuk  ditahun 2018 ada tiga desa yang akan dilakukan antara lain, Kampung Tanjung Neraca, Kampung Matang Ara jawa dan Kampung Alue Sentang," ucapnya.

Ditambahkan, dari Tiga kampung, dua Kampung yang sudah melaksanakan Pelatihan yakni Kampung Matang Ara Jawa dan Kampung Tanjung Neraca, untuk kampung Alue sentang akan dilaksankan pelatihan Pada tanggal 30 Juli 2018.

Datok Penghulu kampung Tanjung Neraca Kecamatan Manyak Payed Aceh Tamiang Asril menyampaikan,  untuk Program Pamsimas ini pihaknya melibatkan dari perwakilan masyarakat dan perangkat desa sebagai peserta Pelatihan. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat bermanfaat dibidangnya  demi kesejahteraan  masyarakat Kampung Tanjung Neraca Khususnya (Andi9)

Komentar Anda

Berita Terkini