Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Komitmen Bersama Melaksanakan Agenda Besar Dunia SP2020

Harian 9 author photo


Oleh: 
Mardan H Siregar

Sensus penduduk tahun 2020 merupakan sensus ke tujuh yang dilakukan oleh Indonesia di mana pertama kali dilakukan pada 1961. Pelaksanaannya diamanatkan oleh Undang-undang Statistik Nomor 16 Tahun 1997. 

Sensus Penduduk Antar-Survei (Supas) tahun 2015 mencatat penduduk Indonesia berada pada jumlah 255,1 juta orang.

Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini tengah menyiapkan sensus penduduk Indonesia yang akan dilaksanakan tahun 2020, hal ini sejalan dengan rekomendasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang Sensus Penduduk dan Perumahan sekitar tahun 2020 (Population and Housing Cencus Round 2020).

SP2020 merupakan kegiatan nasional untuk memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dalam penyusunan perencanaan dan evaluasi pembangunan sampai ke wilayah administrasi terkecil.

Untuk menciptakan teknis administrasi yang tepat, BPS saat ini sedang menggelar sensus mini di tujuh provinsi pada Juli 2018. Ketujuh provinsi tersebut yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Maluku Utara. 

Di Provinsi Sumatera Utara Mini Sensus Penduduk 2020 (Pilot SP2020) dilaksanakan di Kota Medan, Kecamatan Medan Barat dan Kelurahan Kesawan.

Pelaksanaan kegiatan Pilot SP2020 menggunakan metode wawancara (interview) baik menggunakan Paper and Pencil Interviewing (PAPI) ataupun Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI). Penentuan metode ini berdasarkan ketersediaan jaringan internet melalui telefon seluler 3G/4G yang stabil.

Khusus untuk kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat Menggunakan Metode CAPI. Bentuk pencacahannya yakni pencacahan dengan kuesioner Short Form dan Full Form.

Kuesioner Short Form merupakan kuesioner memuat variabel pokok antara lain Keterangan Nama ART, Hubungan dengan KRT, jenis kelamin, umur, status perkawinan, agama, warga negara, suku bangsa, tempat dan tanggal lahir, migrasi, pendidikan, ketenagakerjaan dan fasilitas perumahan.

Sedangkan Kuesioner Full Form adalah Kuesioner yang memuat variabel Kuesioner Short Form dan beberapa variabel lain yang lebih rinci.

Perlu dukungan semua pihak untuk menyukseskan SP2020 ini, BPS terus menjalin komunikasi tidak hanya kepada Kementerian Dalam Negeri, juga dengan semua pelaku yang berkaitan. Jika semua pihak berkomitmen menukseskan pelaksanaan SP2020, maka akan diperoleh data yang kuat, valid dan dapat dipertanggung-jawabkan. 

Walikota Medan T Dzulmi Eldin, juga turut berkomitmen melaksanakan SP2020, hal ini tertuang dalam Surat Edaran Walikota Medan Nomor 470/6645 Tentang Dukungan Pelaksanaan Pilot Sessus Penduduk 2020 (SP2020) di Kota Medan, untuk keberhasilan kegiatan Pilot SP2020 dibutuhkan bantuan dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, pengelola Condominium/Apartement/Perumahan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD/Instansi Pemerintah) terkait, terutama Camat Medan Barat dan Lurah Kesawan sebagai wilayah pelaksanaan Pilot SP2020.

Setelah selesai Pilot SP2020, BPS akan mengadakan gladi resik pada tahun depan sebelum melakukan sensus penduduk 2020 selama setahun penuh serentak di seluruh Indonesia. Sehingga, hasilnya bakal diumumkan pada 2021 dan dianalisis pada 2022.

Tiga prinsip yang bakal ditekankan BPS untuk sensus penduduk adalah Accurate Benchmark Comprehensive (ABC), Harus akurat supaya menjadi benchmark dengan data komprehensif.

Nantinya, registrasi penduduk bakal bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri. Perbedaan penghitungan data kedua institusi dikarenakan BPS menghitung secara de facto, sedangkan Kementerian Dalam Negeri secara de jure.

Sesuai dengan rekomendasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), sensus penduduk dilakukan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). 

"Sensus penduduk bukan hanya kerja BPS tapi milik Indonesia dan termasuk agenda besar dunia," kata Suharyanto Kepala BPS RI. (Mardan H Siregar/Mitra BPS Kota Medan)
Editor: Mardan H Siregar 

Komentar Anda

Berita Terkini