Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

KPU Paluta Gelar Rapat Pleno Tetapkan DPSHP Pemilu 2019

Harian 9 author photo



PALUTA, HARIAN9

Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di aula cafe keluarga, Minggu (22/7).

Rapat pleno terbuka penetapan DPSHP tersebut dibuka langsung oleh ketua KPU Paluta Rahmat Hidayat SP, didampingi Komisioner Divisi Program dan Data Muhammad Nafsir Rambe, Komisioner Divisi Teknis M Ali Ansor, Komisioner Divisi SDM dan Parmas Herisal Lubis, dan Komisioner Divisi Keuangan Umum dan Logistik H Ramlan Harahap.

Turut hadir dalam acara rapat pleno terbuka tersebut, Kabag Tapem Setdak
ab Paluta Ahmad Hilaluddin Daulay, Kadis Dukcapil Paluta Susanna Hannum Daulay, Kesbangpol Paluta, Panwaslih Paluta, Camat Padang Bolak, Lurah dan kepala lingkungan pasar Gunungtua, anggota PPK se Kabupaten Paluta, dan pengurus partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Paluta, serta undangan lainnya.

Sebelum memasuki fase rapat pleno, sebelumnya dilakukan pembacaan rekapitulasi Hasil DPSHP per kecamatan oleh masing masing ketua PPK dari 12 kecamatan.

Komisioner divisi perencanaan dan data Muhammad Nafsir Rambe dalam paparannya menyampaikan, DPSHP tersebut berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2018, ditambah dengan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) dan Pemilih Pemula, serta dikurangi pemilih yang terdaftar di DPT Pilkada 2018 yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"DPSHP dari 12 kecamatan di Kabupaten Paluta ini berdasarkan DPT ditambah DPTB dan pemilih pemula serta dikurangi Pemilih TMS yakni pemilih yang terdaftar yang sudah meninggal dunia, pemilih yang sudah pindah ke daerah lain serta pemilih yang memiliki data ganda pada rekapitulasi DPT Pilkada tahun 2018,” jelasnya.

Lanjutnya lagi, hasil DPSHP tersebut berproses melalui tahapan hasil penelitian dan perbaikan yang dilakukan oleh anggota PPS dari 386 desa/kelurahan di Paluta kemudian di sampaikan ke PPK kecamatan masing-masing untuk di teliti kembali dan selanjutnya direkapitulasi dan dimasukkan kedalam aplikasi sistim data pemilih (Sidalih) yang ada di KPU.

Nafsiŕ juga menjelaskan lebih mėndetail, hasil DPSHP dari PPK 12 kecamatan kemudian akan ditetapkan menjadi DPS pemilu tahun 2019 lewat rapat pleno tersebut.

"Sebelum penetapan DPS, peserta dari parpol nantinya akan dipersilahkan memberikan tanggapannya masing masing terkait akurasi Hasil DPSHP yang disampaikan untuk menjadi bahan evaluasi KPU,” jelasnya.

Selanjutnya kata Nafsir, DPS yang ditetapkan tersebut akan menjadi acuan DPT Pemilu tahun 2019 setelah melalui berbagai tahapan dan proses kembali.

Di akhir acara, ketua KPU Paluta menetapkan bahwa jumlah DPSHP di Paluta untuk Pemilu 2019 sebanyak 153.977 jiwa yang disetujui oleh peserta yang hadir dan nantinya akan menjadi acuan untuk penetapan DPT dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

“DPSHP ini nantinya akan terus diperbaiki sebelum ditetapkan menjadi DPT untuk Pemilu 2019,” katanya.

Setelah dilakukan penetapan DPSHP, pihak KPU memberikan salinan penetapan DPSHP kepada pihak peserta rapat yang hadir untuk menjadi bahan evaluasi.(rel)
Komentar Anda

Berita Terkini