PELAJAR TINGKAT SMU JADIKAN PELOPOR KESELAMATAN BERLALULINTAS

Harian 9 author photo
(Foto: Andi Saputra)

ACEH TAMIANG| HARIAN9
Dalam menjaga Keselamatan berlalulintas terhadap pengguna penengendaraan bermotor sebagai pengguna jalan raya, Melalui  Dinas Perhubungan Aceh Tamiang yang bekerjasama dengan pihak Satuan Kepolisian Satlantas jajaran Polres Aceh Tamiang melaksanakan giat Pemilihan Pelajar Pelopor guna keselamatan berlalulintas dan Angkutan Jalan. 

Pelaksanaan tersebut yang berlangsung pada pukul 09.00 WIB,  tepatnya diAula Dinas Perhubungan Aceh Tamiang, Selasa Pada tanggal 24 Juli 2018 yang lalu.

AKP Dede Kurniawa,SIK  selaku Kasat Lantas jajaran Kepolisian Polres Aceh Tamiang Aceh Tamiang melalui, Bribka.M Ikhwan Suar, SH dalam sebuah materinya yang  menyampaikan, cara aman dalam Berkendaraan untuk tatatertib berlalulintas yang lebih baik dan benar ada beberapa Faktor yakni Kondisi manusianya, Kondisi alam dan kondisi Kendaraannya yang baik.

"Penyebab terjadinya kecelakaan juga disebabkan juga beberapa faktor yakni faktor  alam yang tidak memungkinkan, faktor manusia yang kurang menyadari akan tata tertib berlalu lintas dan faktor kondisi Kendaraan yang tidak layak digunakan sehingga kecalakaan selalulu terjadi," ungkapnya.

Seusai pelaksanaan tersebut, Irianto, SE selaku Kabid perhubungan Darat yang juga selaku ketua panitia pelaksana turut didampingi oleh Mawardi,Spd selaku seketaris Dinas Perhubungan aceh Tamiag menjelaskan kepada pihak Wartawan, bahwa tidak Semua pengendara yang mematuhi aturan Lalulintas, jadi kita harapkan untuk kedepannya agar para pelajar dalam menggunakan kendaraan bermotor roda Dua khususnya dapat mematuhi rambu-rambu dan  aturan berlalulintas dengan baik. 

Dari itu pula, bebarapa materi yang disampaiakan oleh  Nara sumber yang turut dihadirkan melalui pihak kepolisian, Jasa Raharja dan Perhubungan agar dapat menjadi sebuah pedoman dan landasan dasar sebagai hal penting bagi pengendara kendaraan bermotor agar selalu mengerti dan sadar Hukum berlalu lintas, karena selama ini yang kita lihat para pelajar kurang tahu tentang cara berkendara dengan benar, dan para siswa/i yang belum bisa membuat SIM, mereka sudah mempunyai bekal untuk membawa kendaraan dengan benar dan kelengkapan terhadap surat-surat kendaraan, mematuhi aturan dalam berkendara.

"Demi keselamatan terutama bagi pengendara roda dua wajib menggunakan Helm, kaca spion, lampu sen sehingga dengan mematuhi seperti itu dapat mengurangi angka kecelakaan,"  tutupnya, Senin (30/07/2018).

Hal yang sama, Seketaris dinas Perhubungan Mawardi, Spd  menjelaskan juga terlaksananya Kegiatan ini untuk memilih pelajar kelompok Lalulintas tingkat Kabupaten, pelaksanaan pemelihan ini berlansung dalam kurun waktu 1 (Satu) hari penuh yang pesertanya diambil dari para pelajar tingkat atas (SMU) untuk mewakili dari Sekolah masing-masing diambil 3 sampai 4 pelajar siswa/i.

Program ini juga bertujuan untuk mencari pelajar Pelopor terbaik, yang nantinya akan dikirim ketingkat Provinsi, yang akan mewakilih Kabupaten Aceh Tamiang sekaligus sebagai salah satu upaya dalam bentuk penekanan Penurunan angka kecelakaan dikalangan pelajar khususnya.

"Jadi ini merupakan progam Nasional kegiatan ini akan diseleksi tingkat Kabupaten jadi para pemenangnya nantinya akan diberi pembinaan dan akan dikirim ketingkat provinsi," jelas Mawardi.

"Para pelajar yang kita rekrut yang mengikuti dalam kegiatan ini kita harapkan kedepannya mereka bisa mengimplementasikan kepada rekan-rekannya di Sekolah tentang gimana pentingnya akan  berlalulintas yang benar dan akan sadarnya terhadap Hukum berlalu lintas," harapnya. (Andi9)
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini