Pemkab Paluta Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Ponpes Islamiyah Gunung Raya

Harian 9 author photo
Kabid Penanggulangan Bencana dan kedaruratan Nuar Siregar serahkan bantuan peralatan sekolah kepada santri/wati Ponpes Islamiyah Gunung Raya, Kamis (19/7). (Foto: Akhir S Rambe)

PALUTA| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Paluta menyerahkan bantuan kepada santri/wati korban kebakaran di pondok pesantren Islamiyah Gunung Raya, desa Gunung Baringin, kecamatan Portibi, Kamis (19/7).

Pelaksana tugas Kepala BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP melalui Kabid Penanggulangan bencana dan Kedaruratan Nuar Siregar yang memimpin penyerahan bantuan menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan langsung kepada pihak Ponpes dan santri/wati tersebut berupa sekolah peralatan dapur, tenda gulung, kids ware dan keperluan MCK bagi santri/wati.

Selain itu pihaknya juga menyerahkan bantuan Pemkab Paluta berupa sejumlah uang tunai yang kegunaannya diserahkan sepenuhnya kepada pihak Ponpes Islamiyah Gunung Raya.

“Ada sedikit bantuan dari Pemkab yang sudah kita serahkan berupa alat tulis dan keperluan sekolah khususnya bagi para santri/wati beserta sejumlah peralatan lainnya,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan, pihak BPBD Paluta juga menempatkan personil tim reaksi cepat (TRC) dilokasi sejak terjadinya musibah kebakaran untuk membantu membersihkan puing kebakaran serta mendirikan sebuah tenda besar bersama tilam yang diperuntukkan bagi santri/wati.

Katanya, bantuan ini merupakan wujud simpati Pemkab Paluta terhadap korban bencana. Pada kesempatan ini ia juga menghimbau masyarakat khususnya santri/wati dilingkungan ponpes Islamiyah Gunung Raya untuk tetap berhati-hati dan waspada agar kejadian serupa tak terulang kembali.

“Walaupun tidak sama nilainya dengan jumlah kerugian, kita berharap bantuan ini bisa membantu korban dalam melakukan aktivitas kedepannya khususnya para santri/wati,” ujarnya.

Sementara, pimpinan Ponpes Islamiyah Gunung Raya H Amir Mahmud Hasibuan mengucapkan terima kasih yan mendalam kepada pihak Pemkab Paluta yang telah memberikan bantuan dan uluran tangan kepada pihaknya khususnya para santri/wati.

Ia mengatakan, uluran tangan dan bantuan ini sangat bermanfaat dan menbantu untuk kelancaran proses belajar mengajar bagi para santri/wati.

“Terima kasih kepada Pemkab Paluta khususnya Bapak Bupati dan pihak BPBD Paluta yang dari awal terus memberikan perhatian dan uluran tangannya kepada kami,” ucapnya.

Sebelumnya, kebakaran melanda Ponpes Islamiyah Gunung Raya, desa Gunung Baringin, kecamatan Portibi, Minggu (15/7) lalu. Akibat kebakaran tersebut, 30 unit rumah hunian (pondok) santri/wati Ponpes Islamiyah Gunung Raya yang terbuat dari papan ludes terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp.50 juta. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini