Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Persiapan MTQN Tingkat Kabupaten Tapsel 2018 Terus Digegas

Harian 9 author photo
Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu bersama rombongan meninjau pembangunan lokasi pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018 di Desa Aek Badak Jae Kecamatan Sayurmatinggi, Kamis (12/7). (Foto: Riswandy)


TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) terus menggegas pembangunan untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2016, dengan mempersiapkan berbagai agenda dan persiapan penting, seperti lokasi tempat pelaksaan MTQN, pembangunan insfrastruktir menuju lokasi serta keterlibatan masyarakat untuk mempersiapkan pemondokan bagi para kafilah, panitia yang akan mengikuti MTQN tersebut.

“Saya harap MTQN tingkat Kabupaten Tapsel ini nantinya berjalan dengan lancar dan semua keperluan di dalamnya selesai sebelum pelaksanaan dimulai,“ ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, saat meninjau langsung persiapan lapangan dan prasarana arena MTQ Tingkat Kabupaten Tapsel di Desa Aek Badak Jae Kecamatan Sayurmatinggi, Kamis (12/7). 

Dalam peninjauan tersebut, Bupati Syahrul didampingi tokoh masyarakat Kabupaten Tapsel Hamdan Nasution dan tokoh masyarakat Sumut Syamsul Khomar Nasution, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Abdul Saftar, Camat Sayurmatinggi AM Fadhil dan Kepala Desa Aek Badak Jae Mardin Harahap.

Syahrul mengungkapkan, peninjauan lokasi rencana pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk memeriksa persiapan sarana pendukung kegiatan tahunan di bidang agama Islam tersebut, seperti halnya pembangunan jalan alternatif dari dan ke lokasi, pembuatan tribun mini permanen, penyediaan air bersih dan MCK hingga persiapan untuk pemondokan para kafilah dan panitia.

Pada kesempatan itu juga, Syahrul menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU & PR) agar segala sesuatunya harus sudah rampung sebelum pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Tapsel yang akan berlangsung tanggal 23 s/d 25 juli 2018 nanti. 

Menurutnya, dari segi penerangan baik di arena MTQ dan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sekitaran jalan raya MTQ merupakan salah satu yang patut menjadi perhatian agar penyelengaraan MTQ Tingkat Kabupaten Tapsel berlangsung meriah.

“Secara keseluruhan lokasi MTQ sudah sudah rampung 90 persen dan untuk prasarana lainnya sudah rampung 75 persen. Namun beberapa titik lokasi peringatan masih akan dilakukan finishing,” katanya

Syahrul meminta kepada seluruh OPD terkait agar saling bekerja sama dan sama-sama bekerja demi suksesnya pelaksanaan MTQ tersebut. Intinya adalah sukses persiapan,  sukses pelaksanaan dan sukses pasca pelaksanaan.

“MTQN Tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018  diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan berharap kegiatan ini dapat menjadi yang terbaik yang pernah dilaksanakan di Kabupaten Tapsel,“ tuturnya.

Camat Sayurmatinggi AM Fadhil didampingi Kepala Desa Aek Badak Jae Mardin Harahap sangat gembira karena terpilih sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018. Segenap aparatur pemerintahan dan masyarakat siap bekerja keras mensukseskannya.

Ia menyebutkan, selain mempersiapkan pemondokan untuk para kafilah, persiapan juga terus digegas, mulai penyambutan kafilah, malam ta'aruf, pawai ta'aruf, malam pembukaan dan sampai selesai.

“Kecamatan Sayurmatinggi siap jadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018. Kami harapkan masyarakat ikut menyaksikan. Mengenai pemondokan tidak ada masalah, kita siapkan rumah penduduk untuk pemondokan para kafilah dari 14 kecamatan, dewan hakim dan panitia,” terang Fadil.

Sementara itu, tokoh masyarakat Sayur Matinggi Hamdan Nasution juga menyambut baik atas kepercayaan Pemkab Tapsel terhadap daerahnya dijadikan lokasi melaksanakan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018.

“Kami mengapresiasi dan siap mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Tapsel tahun 2018 di Kecamatan Sayur Matinggi agar berjalan dengan sukses dan lancar,“  ujar Hamdan Nasution. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar





Komentar Anda

Berita Terkini