Pj Walikota Padangsidempuan: Jabatan Bukan Hadiah, Tapi Amanah!

Harian 9 author photo



PADANGSIDIMPUAN, HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padang sidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan melantik  55 pejabat eselon III dan IV khusus  bidang administator dan pengawas, bertempat di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Jumat (20/7/2018). Dalam kesempatan itu ia menegaskan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, jangan pernah beranggapan bahwa jabatan yang diberikan adalah hadiah. Tapi para pejabat diminta untuk menanamkan dalam diri bahwa jabatan yang emban merupakan sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan kepada publik.

Sarmadan menuturkan, seorang pejabat memiliki tugas dan tanggung jawab, serta disiplin yang besar. Pejabat atau pemimpin juga harus memiliki pola kerja yang berbeda dari staf. Sebab pemimpin itu memiliki kewenangan serta tanggung jawab yang berbeda dari para staf atau bawahannya.

“Yang namanya pejabat itu juga harus punya tanggung jawab dan disiplin yang besar, serta tidak lagi mengenal yang namanya jam kerja. Artinya, kapanpun dibutuhkan, selalu siap untuk menjalankan amanah tersebut. Semua pemimpin itu sama-sama memiliki tugas dan tanggung jawab, yang membedakannya hanya skalanya saja,” ungkap Sarmadan.

Dia juga mengingatkan, pemerintah daerah menaruh harapan besar kepada semua pejabat yang telah dilantik untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam rangka membangun negara, khususnya di Kota Padangsidimpuan.

“Dan yang paling penting diingat adalah, jika nanti ada pejabat yang tidak mau bekerja sesuai tanggung jawabnya, maka dengan sangat terpaksa akan dilakukan evaluasi di Pemko Padangsidimpuan ini," sebutnya.

Prosesi pelantikan para pejabat eselon III dan IV yang berlangsung khidmad dan sederhana itu disaksikan Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Drs H Zulpeddi dan para Asisten, Staf Ahli Walikota, Sekretaris DPRD Irfan Bakhri SSos, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Padangsidimpuan.

Pelantikan pejabat berdasarkan SK Walikota Padangsidimpuan Nomor : 249/KPTS/2018 tentang Pengawas, serta jabatan Pelaksana di Lingkungan Pemko Padangsidimpuan itu terdiri dari 11 orang untuk pejabat administrator (Eselon III) dan 44 orang untuk pejabatan pengawas (Eselon IV).

Para pejabat eselon III yang dilantik diantaranya: Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Padangsidimpuan, Syafaruddin Harahap SSos; Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Pandapotan Rangkuti ST; Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakota Padangsidimpuan, Mohd Ary Junaidi Dwi P SE; Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padangsidimpuan, Alfian SSos; Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum Kota Padangsidimpuan, Muhammad Kholidin Hasibuan ST; Kabid Perbendaharaan pada Badan Keuangan Kota Padangsidimpuan, Aswin Hasibuan SAP; dan Kabid Penyeleggaraan Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan pada Dinas PMPTSP Kota Padangsidimouan, Samson.

Kemudian 44 orang pejabat eselon IV yang dilantik, diantaranya: Pelaksana Pada Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Sumiati Siregar SSos MSi dan Indra Saputra Nasution SSTP; Kepala Seksi Pendapatan Pada Kantor Lurah Timbangan Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Yan Haris Bangawan SH. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini