Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Pj. Walikota Padangsidimpuan Tepung Tawar 324 Calon Jamaah Haji

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM saat mengupah-upah dan tepung tawar kepada 324 calhaj asal Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan di alun-alun Halaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menggelar acara upa-upa dan tepung tawar kepada 324 Calon Jamaah Haji (Calhaj) asal Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan di alun-alun Halaman Bolak Padang Nadimpu Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7).

Acara tepung tawar calhaj dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Tay Aryani Tambunan, SH, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padangsidimuan H. Zulfan Efendi Hasibuan, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Padangsidimpuan H. Martua Raja Harahap, Mewakili Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kota Padangsidimpuan Salman Siregar, S.Ag, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padangsidimpuan, tokoh agama, serta para Calhaj Kota Padangsidimpuan.

Dalam sambutannya Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menyampaikan harapannya kepada seluruh Calhaj untuk mempersiapkan diri dalam menjaga kesehatan terutama ketika berada di Makkah, Madinah dan tempat lainnya karena cuaca dan keadaan di sana berbeda dengan cuaca di negara Indonesia.

Sarmadan juga mengingatkan para Calhaj Kota Padangsidimuuan yang akan berangkat ke tanah suci untuk lebih memperdalam syariat maupun hukum haji yang telah dipelajari saat melakukan manasik haji serta menjaga semangat kebersamaan dan keikhlasan.

“Tetap jaga kekompakan dan kepedulian antar sesama calon jamaah haji selama menunaikan ibadah di sana. Tetap berpedoman dengan apa yang disampaikan para pembimbing, ketua regu, “Qarom dan pimpinan Kloter serta petugas haji lainnya,“ sebut Sarmadan.

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM juga menitipkan seluruh Calhaj tersebut kepada para pemandu dan pembimbing haji agar para Calhaj dapat menunaikan ibadah dengan khusu'.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padangsidimpuan, saya menitipkan seluruh Calhaj kepada para pemandu dan pembimbing haji, agar selama menunaikan ibadah para Calhaj benar-benar khusu’ dan dapat menjalankan tahapan-tahapan haji,“ tuturnya.

Sementara Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH mengatakan, suatu hal yang patut kita syukuri adalah, terdapat 324 orang umat muslim Kota Padangsidimpuan yang mampu dan berkesempatan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Ini tentunya tidak terlepas dari kesungguhan Calhaj bersangkutan untuk mempersiapkan diri dan selanjutnya kepada bakal calon jamaah haji yang belum mendapat giliran agar bersabar dan dapat berangkat ditahun depan,“ ujar Taty.

Taty mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji kepada 324 Calhaj, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai dan memberi kekuatan kepada Calhaj mulai dari pemberangkatan sampai akhirnya kembali ke daerah ini. 

"Sehingga menjadi haji mabrur dan ibadah haji yang dilakukan dapat menjadi amal dan mendapat pahala serta berkah Allah SWT,“ terangnya.

Ketua IPHI Kota Padangsidimpuan Martua Raja Harahap mengimbau para Calhaj dari daerah ini untuk menjaga kesehatan selama berada di tanah suci, sehingga pelaksanaan rukun haji dapat disempurnakan dengan baik dan benar.

“Doakan daerah kita, agar senantiasa dalam kondisi yang aman dan terhindar dari segala bencana, serta perbanyak zikir dan menjaga kesabaran hati, karena banyak hal hal yang mungkin kurang berkenan dihati selama di tanah suci merupakan ujian yang harus kita terima sehingga tidak mengurangi ibadah dan rukun haji yang dilaksanakan,“ kata Martua Raja

Dalam kesempatan itu Al Ustadz H. Zulfan Efendi Hasibuan dalam tausyiahnya menyampaikan  tentang memaknai hakikat ibadah haji, yang mana, dalam menjalankan ibadah haji harus sabar dan rela hidup di dunia tanpa terjebak keduniaan.

“Inilah yang dimaksud dengan haji, sabar dan ikhlas dalam meniti jalan kebenaran. Sabar berarti tahan uji dalam menempuh kehidupan ini, bertekad menempuh jalan yang benar meski godaan dan rintangan menghadang. Sedangkan ikhlas atau rela adalah kesanggupan untuk hidup tak terkontaminasi atau tidak tercemari dunia, tidak ikut-ikutan berebut tahta, harta yang ada di dunia,“ paparnya.

Mewakili Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan Salman Siregar, S.Ag dalam laporannya mengatakan, Calhaj asal Kota Padangsidimpuan yang tergabung dalam Kloter 14 Embarkasi KNIA berjumlah 324 orang, dengan perincian laki-laki 130 orang dan perempuan 194 orang, sudah termasuk 7 orang pemadu dan pembimbing haji, terdiri dari 2 orang Tim Pemadu Haji Daerah (TPHD), 2 orang Tim Pembimbing Haji Indonesia dan 3 orang tenaga kesehatan.

Sedangkan Calhaj tertua atas nama Poniyam Binti Jasmiran usia 86 tahun 6 bulan asal Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru dan Calhaj termuda atas nama Raisa Rahmadani Hasibuan usia 20 tahun 6 bulan asal Kecamatan Padangsidimpouan Utara.

“Seluruh Calhaj berangkatdari Kota Padangsidimpuan tanggal 3 Agustus 2018, kemudian masuk Asrama Haji dan berangkat dari Medan ke tanah Suci tanggal 5 Agustus 2018,“ rinci Salma Siregar. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini