Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Polisi Tapsel Amankan Kurir Sabu Antar Propinsi

Harian 9 author photo
Wakapolres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH didampingi Kabag Ops Kompol Jumanto dan Kasat Resnarkoba Polres Tapsel AKP. Zulfikar, SH memberikan keterangan pers di Mapolres Tapsel, terkait penangkapan seorang kurir narkoba jenis sabu antar Provinsi AHPH, Senin (16/7). (Foto: Riswandy)

TAPSEL| HARIAN9
Sehari setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) memperingati Hari Anti Narkotika Nasional (HANI) di Ibukota Kabupaten Tapsel di Sipirok, jajaran Kepolisian dari Polres Tapsel mengamankan seorang kurir narkoba jenis sabu antar Provinsi AHPH warga Batangtoru, Kabupaten Tapsel, di Desa Sisundung, Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapsel, Senin (16/7).

Tidak tanggung-tanggung, dari hasil penangkapan tersebut personil Polres Tapsel dari Satresnarkoba menyita barang bukti narkotika golongan I jenis sabu sekira 500 gram, yang recananya akan dibawa ke Jambi.

Wakapolres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH didampingi Kabag Ops Kompol Jumanto dan Kasat Resnarkoba Polres Tapsel AKP. Zulfikar, SH dalam keterangannya di Mapolres Tapsel mengatakan, penangkapan kurir sabu tersebut berawal saat petugas dari Mapolsek Batangtoru mendapat informasi, bahwa warga Desa Sisundung mengamankan seorang warga yang diketahui berinisial AHPH warga Batangtoru dalam keadaan sedang mabuk.

Mendapatkan informasi itu, personel dari  Mapolsek Batangtoru bersama Satnarkoba Polres Tapsel langsung mendatangi Desa tersebut dan sesampainya di rumah kepala desa, petugas kepolisian langsung menginstrogasi AHPH.

Dari hasil interogasi dan didepan warga Desa, AHPH yang dalam kondisi setengah sadar akibat menenggak minuman keras mengaku bahwa dia mengaku bahwa di dalam tas miliknya itu ada narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 500 gram yang dititipkan temannya dari Medan untuk dibawa ke Jambi.

Mendengar pengakuan tersangka, warga langsung menghubungi pihak kepolisian dan saat dilakukan penggeledahan terhadap tas milik AHPH, petugas menemukan narkoba jenis sabu yang berada dalam dua bungkus plastik, yang masing-masing isi plastik berisi sabu seberat 250 gram.

Setelah dilakukan pendalaman, petugas langsung memboyong AHPH bersama barang bukti yang disita ke Mapolres Tapsel guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut serta untuk pengembangan kasus   

“Peristiwa tersebut berawal ketika AHPH berencana membawa barang haram itu ke Jambi dari Batangtoru, namun niat itu gagal karena AHPH dalam kondisi mabuk setelah meminum minuman keras,“ ujar Waka Polres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH

Disebutkannya, AHPH sebelumnya pergi ke kebun milik warga di Desa Sisundung. Selang beberapa menit, pemilik kebun datang dan menemukan AHPH dalam keadaan mabuk berat. Karena pemilik kebun itu takut, akhirnya AHPH dibawa ke rumah kepala desa.

“Atas nama Polres Tapsel, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah mau membantu tugas-tugas kepolisian, karena tanpa ada kerjasama yang baik dari seluruh kalangan masyarakat, maka tugas-tugas kepolisian akan menjadi sulit. Saya sudah layak mengucapkan terima kasih,“ terang Wakapolres.

Sementara itu, AHPH mengaku kalau dia hanya sebagai kurir yang bertugas sebagai pengantar barang haram tersebut dari Medan ke Batangtoru dan sSelanjutnya dibawa ke Jambi, untuk diberikan kepada temannya juga.

“Jujur pak…baru kali ini saya menjadi kurir, Saya disuruh mengantar barang itu oleh salah seorang kenalannya di Medan. Setelah terjadi kesepatan, barang haram itu langsung dikirim ke Batangtoru dengan alamat yang sudah ditentukan dan selanjutnya di antar ke jambi,“ terang AHPH. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini