Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Polsek Lahusa Polres Nias Selatan Kembali Sita 70 Liter Tuak Suling

Harian 9 author photo
Kapolsek Lahusa Polres Nias Selatan  Iptu Catur Haryadi, SH, bersama Kanit Reskrim Aipda Martinus Gulo, SH, amankan pengedar miras jenis tuak suling. (Foto: Joko Hendro)


NISEL| HARIAN9
Personil Kepolisian Sektor (Polsek) Lahusa Polres Nias Selatan kembali menyita 70 liter minuman keras (miras) jenis tuak suling dalam Operasi Pekat yang digelar, Sabtu (21/7/2018) malam. 

Awalnya Petugas Polsek Lahusa yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Iptu Catur Haryadi, SH, dan Kanit Reskrim Aipda Martinus Gulo, SH, melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di Jalan Lintas Lahusa Teluk Dalam Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. 

Saat sedang melakukan Operasi, petugas mencurigai gerak-gerik seorang warga yang mengendarai sepeda motor. 

Petugas kemudian memberhentikan sepeda motor tersebut untuk dilakukan pemeriksaan dan menemukan 2 jerigen berisi cairan yang setelah diperiksa ternyata berisi minuman keras tuak suling. 

Petugas kemudian mengamankan pengemudi sepeda motor beserta barang bukti 2 jerigen tuak suling ke Polsek Lahusa untuk dimintai keterangannya. 
Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Lahusa Iptu Catur Haryadi, SH, ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan 2 jerigen minuman keras tuak suling tersebut. 

"Benar ada kita amankan 2 jerigen minuman keras tuak suling dengan volume sekitar 70 liter dari warga yang diketahui bernama Sawate Zebua alias Wate (21) warga Desa Semi Kecamatan Gido Kabupaten Nias," kata Catur.

Menurut pengakuan Sawate, lanjut Catur, tuak suling atau yang lebih dikenal dengan nama Tuo Nifaro tersebut dibeli dari Desa Semi Kecamatan Gido Kabupaten Nias dan akan di bawa ke Desa Nari-Nari Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan.

"Jadi tuak suling ini dibawa oleh Sawate dari Desa Semi Kecamatan Gido Kabupaten Nias dan akan diantar ke Desa Nari-Nari Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan," terang Catur.

Barang bukti 2 jerigen tuak suling tersebut saat ini diamankan di Polsek Lahusa. Sementara warga yang membawa tuo nifaro sudah dipulangkan, setelah sebelumnya dilakukan pendataan, pembinaan dan membuat surat perjanjian tidak akan menjual minuman keras di kemudian hari," jelasnya. (HJ9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini