Prof. Dr. Ali Yacub Matondang dan Isa Anshari SF Narasumber Diskusi Kebangsaan

Harian 9 author photo
Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PD Muhammadiyah Kota Medan Taufik Abdilah, M.KomI akrab bersama Bakal Calon DPD RI Daerah pemilihan Sumatera Utara Prof Dr Ali Yacub Matondang, MA. (dok)


MEDAN| HARIAN9
Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara  Periode 200 -2005 Prof. Dr. Ali Yacub Matondang, MA dan Ketua Lembaga Hikmah Kebijakan PubliK PD Muhammdiyah Kota Medan Isa Anshari SF terlibat sebagai Narasumber dalam Diskusi Kebangsaan, di Campoes Coffe Jalan Selamet Ketaren Medan Estate, Ahad (8/7/2018) sore.

Diskusi tersebut bertemakan "Sikap Politik Santun Untuk Senator." Akademisi dan Mantan Politisi ini, memiliki pesepsi yang sama tentang pentingnya memiliki sikap politik santun, sebagai publik figur dan panutan umat.   Karena politik santun itu adalah cermin budaya Islam.

Menurut Prof Matondang yang juga mantan Rektor IAINSU (sekarang UINSU)  dan Mantan Rektor Universitas Medan Area (UMA)  ini menyampaikan, politik santun dan etika politik adalah sesuatu yang sangat penting dalam Islam, karena politik dipandang sebagai bagian dari ibadah. Maka politik harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip ibadah.

"Di samping itu, politik berkenaan dengan prinsip Islam dalam pengelolaan masyarakat, karena itu diperlukan prinsip-prinsip hubungan antar manusia seperti saling menghargai hak orang lain dan tidak memaksakan kehendak harus berlaku dalam dunia politik," ucap bakal calon Anggota DPD RI daerah Pemilihan Sumatera Utara ini.

Sementara itu Isa Anshari SF yang juga mantan Sekretaris BMPAN Sumut menyimpulkan,  pemikiran Aristoteles sejalan dengan konteks pemikiran Islam, Sebagaimana pendapat Imam Al-Ghazali yang tidak memisahkan antara etika dan politik, karena keduanya saudara kembar yang tidak mungkin dipisahkan.

"Keduanya akan menentukan nilai baik-buruk atau benar-salah dari setiap tindakan dan keinginan masyarakat. Maka politik sebagai otoritas kekuasaan untuk mengatur masyarakat agar sesuai dengan aturan-aturan moral, bertanggung jawab, dan mengerti akan hak serta kewajibannya dalam hubungan kemasyarakatan secara keseluruhan," ungkap Isa yang juga Sekretaris Penasehat Barisan BMPAN Sumut ini.

Hadir dalam diskusi tersebut, Pimpinan Komunitas Tritura Sumut Fikri Matondang dan jajaran fungsionaris, Sekretaris LHKP PDM Kota Medan Taufik Abdillah, M.KomI, Ketua MPM PDM Kota Medan Purwanto, SE, Unsur Tim Kembang Surya Medan Joko Pitono dan Syahrul serta beberapa fungsionaris PCM sekota Medan.   (01)
Komentar Anda

Berita Terkini