Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Truck Pengangkut Sembako Terbalik di Jalinsum Padangsidimpuan

Harian 9 author photo
Kondisi truck Fuso Nomor Polisi BK9580 BF yang penuh dengan muatan barang Sembako yang terguling dan masuk ke dalam jurang di Jalinsum Desa Hapinis Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Rabu (4/7), sekira pukul 12.00 WIB. (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Truck Fuso Nomor Polisi BK 9580 BF yang penuh dengan muatan barang Sembilan Bahan Pokok (Sembako) terguling dan masuk jurang di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Desa Hapinis Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan, Rabu (4/7), sekira pukul 12.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena selain kondisi truk yang ringsek dan bagian depan mobil mengalami kerusakan yang cukup parah, juga banyak muatan sembako yang berserakan dan rusak.

Informasi yang dihimpun, peristiwa terbaliknya truk tersebut berawal ketika truk yang dikemudikan Rahmat Saragih datang dari arah Sipirok dengan muatan sembako dari Medan dan akan bongkar muat di salah satu gudang di Kota Padangsidimpuan.

Diduga mengalami rem blong saat melintas di jalan yang menurun dan penuh tikungan tajam, akibatnya pengemudi truk harus banting strir, menyebabkan truck terguling dan langsung masuk ke dalam jurang dengan posisi roda truk sudah sudah  di atas.

Tak berapa lama personil Sat Lantas dari Polres Padangsidimpuan tiba di lokasi kejadian guna melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

“Awalnya truk yang saya kemudikan aman-aman saja, tapi saat melintasi jaa turunan panjang dan penuh tikungan, secara tiba-tiba rem mengalami blong, dan truk tidak bisa dikendalikan, sehingga dengan terpaksa saya banting stir untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan yang sedang melintas bersamaan,“ ujar pengemudi truk Rahmat saat diwawancarai.

Ia mengaku kalau ia tidak memiliki firasat buruknya selama dalam perjalanan dari Medan, karena ia sudah terbiasa melintas di daerah tersebut dan ia telah faham betul dengan kondisi jalan dan wilayah yang ia lalui tersebut.

“Sebelum kejadian, tidak ada firasat buruk yang saya rsakan, karena selain saya sudah sering melintas di jalan ini dan mengenal wilayah tersebut, kondisi truk sebelum berangkat dari Medan juga layak jalan dan tidak ada tanda-tanda kerusakan. Saya juga heran, karena tiba-tiba rem tidak berfungsi,“ tuturnya.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, S.IK, MH melalui Kasat Lantas AKP M Haris Sihite yang dikonformasi membenarkan peristiwa terbaliknya truk pembawa sembako tersebut.

Haris menambahkan, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan diimbau kepada semua pengemudi yang melintas agar tetap hati hati memasuki jalur ini, karena jalurnya sempit, jalannya juga rusak parah.

“Saat ini kami sedang melakukan olah TKP dan menyelidiki penyebab terbaliknya truck pengangkut sembako itu serta meminta keterangan pengemudi truk serta mengumoulkan keterangan saksi mata,“ tuturnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini