Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Warga Pujakesuma Di Padangsidimpuan Diharapkan Turut Sukseskan Program Pemerintah

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan,SH, foto bersama dengan jajaran pengurius DPW Pujakesuma Sumut dan jajaran pengurus DPD Pujakesuma Kota Padangsidimpuan, usai  menghadiri HUT Pujakesuma ke-38, yang dirangkai dengan Halal bi halal Idul Fitri 1439 H dan tepung tawar Calhaj warga Jawa Kota Padangsidimpuan di Gedung  H Adam Malik Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Dewasa ini populasi masyarakat suku Jawa yang berdomisili di Kota Padangsidimpuan kian berkembang pesat, sehingga dengan kehadirannya, warga Jawa yang tergabung dalam Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Putra-Putri Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Kota Padangsidimpuan menjadi satu asset bangsa yang harus dipertahankan dan dituntut untuk mendukung pembangunan daerah, di mana ia berpijak dalam rangka menyukseskan program-program pemerintah.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Pujakesuma ke-38, yang dirangkai dengan Halal bi halal Idul Fitri 1439 H dan tepung tawar Calon Jamaah Haji (Calhaj) warga Jawa Kota Padangsidimpuan di Gedung  H Adam Malik Kota Padangsidimpuan, Minggu (15/7).

Menurut Sarmadan, warga Pujakesuma di Kota Padangsidimpuan telah banyak memberikan sumbangsih bagi pembangunan Kota Padangsidimpuan. Bahkan telah banyak orang Jawa yang memiliki kedudukan penting baik di pemerintahan maupun TNI dan Polri.

“Untuk itu, warga Pujakesuma, harus dapat memberi contoh teladan di tengah-tengah masyarakat, jaga hubungan silaturahmi antar etnis lain yang berada di sekitarnya dan mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah dengan semboyan agar dapat lebih maju di masa-masa akan datang,” terang Sarmadan.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Pujakesuma Sumut Suratman SP mengatakan, organisasi Pujakesuma yang merupakan organisasi paguyuban bukanlah lembaga politik. 

Tapi setiap warga Jawa hendaknya memahami politik, hal ini sangat penting mengingat warga Pujakesuma memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak kalah dengan warga etnis lainnya, sehingga setiap warga Pujakesuma harus benar-benar siap untuk berkiprah dalam membangun daerah.

“Pujakesuma  adalah salah satu paguyuban keluarga besar suku Jawa yang ada di Kota Padangsidimpuan. Di dalam paguyuban ini bukan saja dihuni oleh orang suku Jawa saja, namun banyak juga yang bukan orang Jawa, melainkan ada juga suku Minang, Angkola, Mandailing, Batak dan lain-lain,“ terangnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh warga Pujakesuma harus benar-benar siap berkiprah baik dan mampu mengikuti berbagai perkembangan politik dan bisa menampilkan perannya baik dilembaga Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif, agar warga Pujakesuma tidak hanya dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu saja yang akan mencari keuntungan pribadi.

“Paguyuban Pujakesuma sifatnya independen tapi terbuka terhadap semua etnis lain di luar etnis Jawa. Siapa saja boleh ikut dalam paguyuban ini asalkan dapat memahami dan mengerti karakter serta budaya orang Jawa,“ terangnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pujakesuma Kota Padangsidimpuan Tamali, SH mengajak kepada seluruh warga Jawa yang ada di Kota Padangsidimpuan untuk terus mempersiapkan SDM manusia masing-masing baik di bidang pendidikan maupun agama agar cita-cita warga Pujakesuma di Padangsidimpuan ke depan dapat tercapai dengan baik.

“Warga Pujakesuma juga harus mampu guyup, ruwekso dan mampu menjadi pioner terdepan memberhasilkan berbagai program pembangunan di Kota Padangsidimpuan, dengan menonjolkan sifat kegotongroyongan dari segala bidang,“ katanya.

Hadir pada acara tersebut, pengurus Pujakesuma Sumut, unsure Forkominda Kota Padangsidimpuan pimpinan OPD Kota Padangsidimpuan, jajaran pengurus DPD Pujakesuma, Wanita Pujakesuma, GM Pujakesuma Kota Padangsidimpuan, pimpinan OKP, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar



Komentar Anda

Berita Terkini