Warga Serahkan Senpi Ke Kodim 0212/TS

Harian 9 author photo
Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, SIP disampingi Pasi Intel Kodim 0212/TS Lettu. Inf. Zamril menerima penyerahan senpi milik Herman Harahap disaksikan tokoh masyarakat Peltu (Purn) H. Zobal AS, di Makodim 0212/TS, Selasa (24/7). (Foto: Riswandy)


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Herman Harahap (60), warga Jalan H. Harun No. 32 Lingkungan VII, Kelurahan Wek. V, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, menyerahkan sepucuk senjata api (senpi) jenis Revolver, Kaliber 3,8 MM, tanpa nomor senjata dan tahun pembuatan ke Kodim 0212/TS, Selasa (24/7) sekira pukul 13.00 WIB.

Penyerahan senpi yang merupakan milik dan peninggalan mertuanya atas nama Almarhum H. Sutan Malelo Nasution yang waktu itu berprofesi sebagai saudagar dan meninggal dunia pada tahun 1968, diterima Dandim 0212/TS Letkol Arm. Azhari, SIP didampingi Pasi Intel Lettu Inf. Zamril dan disaksikan tokoh masyarakat Peltu (Purn) H. Zobal AS.

Usai menerima penyerahan senpi tersebut, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari, SIP mengucapkan terimakasih kepada warga yang dengan kesadaran sendiri nau menyerahkan senpi yang selama ini disimpan oleh warga.

“Selain kesadaran yang tinggi dari masyarakat, ini juga berkat wujud kedekatan dan kepercayaan masyarakat kepada TNI serta hasil penggalangan dari jajaran Kodim 0212/TS dengan masyarakat,“ ujar Dandim.

Menurut Dandim, senpi tersebut merupakan peninggalan Almarhum. H. Sutan Malelo Nasution yang waktu itu bekerja sebagai saudagar atau pedagang dan telah meninggal dunia pada tahun 1968.

“Jadi, senpi tersebut dimiliki untuk jaga diri, mengingat almarhum adalah pedagang antar daerah dan setelah almarhum meninggal dunia, senpi tersebut tersimpan di dalam brankas milik almarhum, yang kuncinya dipegang oleh putri almarhum yang juga istri dari Herman Harahap dan Alhamdulillah dengan kesadaran endiri, senpi telah diserahkan ke Kodim 0212/TS dan kini senpi diamankan di gudang senjata Kodim 0212/TS,“ tutur Dandim

Dandim juga menyampaikan, pihaknya terus menggalakkan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat di wilayah Teritorial Kodim 0212/TS, apabila ada masyarakat yang memiliki senpi walau jenis apapun untuk segera diserahkan ke Kodim 0212/TS dan jangan disimpan, karena akan berbahaya dan jelas-jelas melanggar hokum.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan pendekatan serta penggalangan ke tengah masyarakat, apabila ada memiliki atau mengetahui kepemilikan senpi tanpa ijin, untuk segera diserahkan ke aparat TNI khususnya Kodim 0212/TS, dan tidak akan diberi sangsi asal dengan kesadaran sendiri,“ jelas Dandim

Sementara Herman Harahap mengaku senpi yang disimpan mertuanya selama ini tidak pernah disentuh apalagi digunakan. Bahkan tersimpan rapi di  brankas kuno milik almarhum mertuanya.

“Penyerahan senpi ini atas kesadaran kami dan kami percayakan kepada TNI khususnya Kodim 0212/TS untuk menyimpannya dan memilikinya, karena TNI lah salah satu institusi yang berhak memiliki senjada api,“ ujar Herman

Terpisah, Pasi Intel Kodim 0212/TS Lettu. Inf. Zamril mengatakan, senpi yang diserahkan warga itu kondisinya masih bagus dan bisa dipakai. Bahkan peluru yang digunakan merupakan peluru standar TNI.

“Kami beri apresiasi kepada warga yang menyerahkan senpi. Warga sipil tidak boleh menggunakan senpi karena selain membahayakan jiwa juga dapat diproses secara hukum,” terang Zamril. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


Komentar Anda

Berita Terkini