Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Danramil 05/Tamiang Hulu Turut Serta Penanaman Pohon Peringati Hari Ozon Sedunia

Harian 9 author photo

ACEH TAMIANG| HARIAN9
Danramil 05/Tamiang Hulu Kapten Arh Nana Sutiana mewakili  Dandim 0117/Aceh Tamiang turut serta dalam kegiatan pelaksanaan penanaman pohon guna memperingati hari Ozon sedunia tahun 2018, di Bumi Perkemahan Kampung Aras Sembilan Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang, Jumat (31/8/2018).

Wakil Bupati Aceh Tamiang H.T. Insyafuddin menyampaikan, Sesungguhnya alam seperti gunung, sungai, laut dan hutan adalah kekayaan yang sejati bagi kita. Kebanggaan alam ini juga menopang keseimbangan ekosistem dan menjaga kelangsungan hidup, termasuk manusia dan generasi selanjutnya. 

Menurutnya, pohon menyerap air dan menjaga persediaan air tanah, menjadi rumah hunian bagi satwa-satwa di dalamnya,  guna menetralkan polusi dengan mengkonsumsi Co2 dan melepaskan o2.  Sekaligus menyuplai kebutuhan manusia sehari-hari. 

"Oleh karena itu mari kita lestarikan lingkungan kita, jaga hutan dari pengrusakan lagi, jaga laut dari penangkapan yang berlebihan, jaga gunung dari penggundulan karena aktivitas tambang, perkebunan, dan lain-lain, juga sungai dari pencemaran limbah pabrik yang mematikan ikan-ikan di dalamnya," ucapnya.

Diharapkannya, setiapm warga tetap secara berkesinambungan menanam bibit pohon baru secara bersama di hutan juga  membiakkan satwa-satwa di dalamnya serta  menangkap ikan di laut secukupnya sesuai kebutuhan. Sehingga memperhatikan kelangsungan populasi ikan di masa mendatang.  Kemudian  menghentikan aktivitas tambang, perkebunan komersial sebuah tanaman secara luas, mengajak satu sama lain melestarikan lingkungan pada keluarga, kerabat, teman dan kenalan.  

"Jangan tukar kelestarian lingkungan kita dengan kepentingan pribadi, jika kita melestarikan alam, maka suatu saat nanti, kita atau generasi penerus kita juga yang akan menikmati hasilnya," tegasnya.

Berikut kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis dilokasi Bumi Perkemahan Desa Aras Sembilan sebagai Taman Hutan Kota kabupaten Aceh Tamiang oleh wakil Bupati, Danramil 05/Tamiang Hulu jajaran Makodim 0117/ Aceh Tamiang yang diteruskan oleh Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang dan Kadis lainnya yg hadir di acara tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan Survey terhadap kondisi Tanah Bumi Perkemahan  oleh Wakil Bupati Aceh Tamiang beserta rombongan  didampingi oleh pengurus Pramuka Pelda Munajir.

Selain H.T. Insyafuddin. ST, hadir dalam kegiatan itu, Danramil 05 / THU Kapten Arh Nana Sutiana mewakili Dandim 0117 / Aceh Tamiang, Kadis Pertanian dan perkebunan Aceh tamiang Ir. Safuan, Kadis BLHK Aceh Tamiang Samsul Rizal. S.Ag, Kepala KPH III Wil Aceh Darmi.S.Hut, Danpospol Bandar Pusaka Ipda Jordan Pane, Danposramil Bandar Pusaka Serma Amrin. (Andi9).
Komentar Anda

Berita Terkini