Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Dewan Kesenian Jember Apresiasi Lomba Seni Hadrah dan Lomba Melukis Kodim 0824

Harian 9 author photo


JEMBER| HARIAN9
Sebagian pengamat seni menyatakan bahwa Seni  adalah manifestasi keindahan manusia yang diungkapkan melalui penciptaan suatu karya seni. Seni lahir bersama dengan kelahiran manusia. Keduanya erat berhubungan dan tidak bisa dipisahkan. Dimana ada manusia disitu ada kesenian. Bagaimanakah peranan seni sebagai kebutuhan seni dalam kehidupan manusia.

Kesenian juga merupakan salah aset bangsa bahkan bagian dari identitas suatu bangsa, kesenian hadrah diKabupaten Jember sendiri  cukup banyak hal ini berkaitan erat dengan kondisi Kabupaten Jember yang mayoritas penduduknya beragama Islam, kemudian seni lukis sendiri juga memiliki tempat bagi kalangan tersendiri sebagai manifestasi keindahyan dan karakter yang diungkapkan dalam bentuk gambar.

Hal tersebut tampak sekali pada Lomba Seni Hadrah dan Lomba Melukis yang diselenggarakan oleh Kodim 0824 Jember guna menyemarakkan HUT RI dan HUT TNI Ke 73 Tahun 2018 sekaligus sebagai wujud Komunikasi Sosial Kreatif (Komsos Kreatif) Kodim 0824 mersama masyarakat seni, yang diikuti dengan antusian oleh peserta dari seluruh pelosok Jember.

Juri Lomba Hadrah dari Dewan Kesenian Jember (DKJ) yang dipimpin oleh Eko Swargono (Ketua ) bersama Lipyanto  dan Khoirul Anwar sebagai anggota  saat diwawancarai menyatakan bahwa lomba ini sangat bagus sekali, hal ini sebagai wujud kepedulian TNI melalui Kodim 0824 terhadap seni hadrah di Kabupaten Jember yang patut kita apresiasi bersama.

Lebih lanjut Eko Swargono menyampaikan bahwa lomba seperti ini sangat minim sekali sehingga dengan diadakannya oleh Kodim 0824 hari ini tentu sangat memacu peserta untuk berkompetisi secara kreatif, meskipun basih banyak kekurangan disana sini namun kalau event seperti ini sering dilaksanakan tentunya akan lebih memacu kreatifitas seni  tim-tim hadrah yang ada di Kabupaten Jember, dan ini sangat tepat dalam menangkal  berkembangnya faham radikan dengan kegiatan positif seperti ini.

Demikian di juri Lomba Melukis yang juga dari DKJ yaitu Andika Arisandi (Ketua), Soni Suharsono dan C Bagus Nugroho sebagai anggota saat diwawancarai juga menyampaikan hal yang sama, mereka sangat mengapresiasi lomba melukis yang diadakan oleh Kodim 0824, karena selama ini ajang lomba seperti ini sangat kurang bahkan belum ada.

Dengan diadakannya lomba ini kita dapat melihat potensi dan kreatifitas masyarakat terhadap seni melukis, selanjutnya tanggapannya terhadap peserta yang mengikuti lomba ini Andika Arisandi menyampaikan bahwa mereka cukup kreatif sekali, sungguh ajang seperti ini baru sekarang kita rasakan dan ini patut kita perbanyak ajang-ajang melukis ini.

Sekali lagi kita DKJ dan masyarakat seni Kabupaten Jember sangat berterima kasih kepada Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar serta staf dan seluruh jajarannya yang menfasilitasi dilaksanakannya kegiatan lomba hadrah maupun lomba melukis saat ini, semoga kedepan kegiatan seperti ini semakin ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. (Sis24)
Komentar Anda

Berita Terkini