Dinas Pertanian Aceh Tamiang Bangun Akses Petani

Harian 9 author photo


ACEH TAMIANG | HARIAN9

Demi meningkatkan swadaya perekonomian dalam bidang sektor pertanian bagi masyarakat, Pemerintahan Kabupaten Aceh Tamiang,  melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan,  terus melakukan pembangunan berupa Pembukaan Jalan Usaha Tani / Produksi di berbagai wilayah perkampungan, baik yang sudah selesai dalam pelaksanaan maupun yang tahap awal pelaksanaan.


Hal ini guna mempermudah masyarakat tani untuk membawa hasil tani keluar dari tempat perkebunan. Program pembangunan berupa jalan usaha tani/ produksi di berbagai wilayah Pemerintahan Kampung dengan anggaran yang bersumber dari APBK Tahun 2018.

Dari beberapa titik pelaksanaan pembangunan pembuatan jalan produksi di beberapa wilayah pemerintahan kampung, terlihat dari salah satu pembangunan jalan yang sudah memasuki tahap penimbunan dengan panjang 500 meter yang terletak di Kampung Air Tenang, Dusun Semananjung, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang.

Consultan perencana proyek tersebut adalah CV Bina Karya Madani, sedangkan pelaksananya CV Rio Jenerio dengan pengawasan oleh CV.P.Theta Consulting dengan nilai pagu Rp.92.706.000 bersumber dana APBK tahun 2018, yang tertera dipapan proyek pelaksanaan pekerjaan.

Muttaqin selaku Datok Penghulu Kampung Air Tenang menyampaikan,  pembangunan jalan usaha tani ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat tani, terutama yang memiliki kebun kelapa sawit, guna memperlancar aktivitas masyarakat dalam bertani.

"Awalnya jalan yang biasanya digunakan oleh masyarakat tani ini sangat rusak dan menyulitkan bagi pihak petani kelapa sawit untuk membawa hasil panen buah kelapa sawit, karena belum memiliki akses yang cukup optimal, namun alhamdulillah, di Tahun 2018 ini jalan tersebut sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Dinas Pertanian. Jalan ini juga sebagai jalan penghubung dusun yang ada di Kampung Air Tenang. Saya juga berharap, semoga dalam pembangunan Jalan Produksi ini tidak ada hambatan sehingga bisa mempercepat proses pembangunan dan dapat dinikmati oleh masyrakat Tani dalam memudahkan aktivitas mereka lebih lancar," ungkap Muttaqin mengakhiri.(Andi9)

Komentar Anda

Berita Terkini