MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Diskominfo-BNNP Sumut Bersinergis Tumpas Penyahgunaan Narkoba

harian9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Propinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi langkah-langkah yang secara terus menerus dilakukan Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Sumut untuk mempublikasikan segala bentuk bahaya penyalahgunaan peredaran gelap narkoba.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM diwakili Asisten II Ekonomi dan Pembangunan H. Rahuddin Harahap, SH, saat membuka sosialisasi Komunikasi Informasi bahaya penyalahgunaan narkoba antara Diskominfo Sumut  dengan BNNP Sumut di Hotel Natama Padangsidimpuan, Kamis (30/8/2018).

Sosialisasi yang diikuti peserta dari Dinas Kominfo Kabupaten / Kota se Sumut dan perwakilan siswa dan siswi SLTA sederajat se Kota Padangsidimpuan, dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Provinsi Sumut, Abdul Aziz Batubara, dengan moderator Kepala Dinas Kominfo Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, S.Sos serta narasumber Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Sumut Tuangkus Harianja dan Kasi Sospol  pada Kantor Kesbangpol Kota Padangsidimpuan Yunan Daulay.

Lebih lanjut Rahuddin mengatakan, guna mengantisipasi maraknya peredaran narkoba khususnya di Sumut, perlu adanya upaya darurat yang perlu ditanggulangi agar masyarakat terbebas dari barang haram tersebut. Bahkan, ancaman kehilangan generasi mungkin saja bisa terjadi.

Ia menambahkan, dalam konteks pencegahan, pelajar sekolah masuk kategori target primer. Mereka adalah kelompok yang bersih dari anasir buruk narkoba. Pelajar membutuhkan informasi seimbang antara bahaya dan penanganan inklusif narkoba.

“ Ancaman itu nyata, maka dari itu perlu adanya peran aktif dalam upaya pencegahan narkoba. Hal itu bisa dimulai dari keluarga dan semua lapisan masyarakat. Kami bekerjasama dengan BNNP untuk memberantas narkoba di Sumut, caranya, kami membuat sosialisasi ke daerah-daerah untuk memberikan pengetahuan mengenai bahaya narkoba, ” tuturnya.

Sementara Kabid P2M BNNP Sumut Tuangkus Harianja menyampaikan, pelajar tidak semata diberikan materi mengenai jenis karakteristik narkoba. Secara interaktif, pelajar akan diajarkan menemukenali lingkungan dan solusi pemecahan atas bahaya narkoba. Selain itu, mereka akan aksi ke jalan membagikan informasi bahaya narkoba ke masyarakat.

“ Pemecahan solusi atas penyalahgunaan narkoba dari kalangan mereka sendiri sangat penting. Ini strategi bersama agar masalah narkoba tidak menjadi momok menakutkan, tapi menjadi perhatian bersama agar diselesaikan, ” jelas Tuangkus Harianja.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Komunikasi Publik, Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Utara, Abdul Aziz Batubara, selaku panitia pelaksana melaporkan, dengan pertemuan ini, kedepannya akan menjadikan bahan untuk peningkatan kerja sama antara Kominfo se Sumut dan BNNP Sumut dan kepada masyarakat jangan takut untuk menyampaikan informasi kepada BNN setempat bila ada terjadi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitarnya.

Bagi Diskominfo, posisi pelajar adalah mitra strategis penyampai informasi pencegahan bahaya narkoba di lingkungannya. Diskominfo Sumut bersama BNNP Sumut dan pemangku kepentingan terkait bertekad kuat membendung informasi yang tidak benar tentang narkoba di kalangan pelajar.

“ Pelajar adalah next leader bagi perjalanan bangsa Indonesia. Mereka harus memperoleh informasi yang tepat tentang narkoba. Harapannya, mereka selain memahami juga bisa mengenali sekaligus mencari solusi penanganan isu narkoba di lingkungan sekolah, ” ungkap Abdul Azis.

Terpisah, Kadis Kominfo Kota Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, S.Sos mengatakan, selaku tuan rumah, pihakmya sangat mengapresiasi langkah dan upaya dalam pemberantasan narkoba di Kota Padangsidimpuan, apa lagi saat ini BNN dan Diskominfo semakin bersinergi dalam hal publikasi upaya menggerakkan masyarakat untuk sadar bahaya narkoba semakin nyata di tengah-tengah masyarakat.

“ Saat ini bahaya narkoba menjadi momok yang luar biasa yang ada di Padangsidimpuan, dengan penyebaran informasi yang saat ini muda di akses publik berharap masyarakat semakin aktif menyampaikan informasi dan menyampaikannya ke media, baik media sosial atau media maistrem lainnya, “ kata Islah. (Wan9)
Komentar Anda

Berita Terkini