Diterjang Angin Kencang, Bangunan RSUD Sipirok Roboh

Harian 9 author photo




TAPSEL|HARIAN9
Bangunan koridor Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok di Jalan Rumah Sakit Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) roboh akibat diterjang angin kencang yang terjadi sekira pukul 17.00 Wib, Rabu (1/8). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun, Kamis (2/8), bencana angin kencang terjadi pada sore hari dan berlangsung sekita 30 menit, yang diawali dengan turunnya hujan yang cukup deras dan disertai angin yang cukup kencang.

Warga hanya bisa bertahan di dalam rumah, sementara bangunan rumah yang kebanyakan tiangnya terbuat dari kayu termasuk beberapa bangunan RSUD Sipirok khususnya bangunan koridor RSUD Sipirok bergoyang-goyang akibat terpaan angin yang cukup kencang.

Diduga tidak mampu menahan kuatnya angin yang begitu kencang sehingga menggoyang tiang koridor dan mengangkat atap seng koridor, membuat bangunan koridor RSUD ambruk dan rata dengan tanah, sehingga membuat kaget para petugas medis di RSUD Sipirok.

Untung saja tidak ada korban jiwa. Sementara permburan dan petugas medis maupun perawan yang berada di RSUD Sipirok langsung mengevakuasi pasian rawat ketemat yang lebih aman guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selang beberapa menit kemudian hembusan angin kencang mulai reda. Sejumlah personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapsel dipimpin Kepala BPBD H. Ilham Suhardi, SH bersama Kepala RSUD Sipirok langsung terjun ke lokasi ambruknya bahagian RSUD Sipirok akibat bencana angin kencang guna mendata kerusakan dan kerugian.

“Akibat angin kencang yang disertai hujan deras, menyebabkan bangunan koridor RSUD Sipirok roboh dan dari hasil pendataan sementara oleh pihak RSUD Sipirok, kerugian diperkirakan mencapai Rp.100 juta,“ ujar Kepala BPBD H. Ilham Suhardi, SH melalui Sekretaris Umar Halomoan Dulay, S.Pd di Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, usai menghadiri rapat terkait bencana alam angin kencang tersebut.

Umar mengatakan, angin kencang berlangsung sekira 30 menit tersebut membuat bangunan koridor RSUD Sipirok roboh dan porak poranda. Untungnya saat kejadian, tidak ada kkorban jiwa dan pasien rawat yang ada di RSUD Sipirok secepatnya dievakuasi ke tempat yang lebih aman.  (Wan9)
                                                                                            
Komentar Anda

Berita Terkini