IZI Sumut Gelar Seminar Manajemen Zakat

Harian 9 author photo


MEDAN I HARIAN9
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sumatera Utara menggelar Seminar Manajemen Zakat di Hotel Saka, Ring Road Medan, Sabtu (11/08/2018).  

Seminar yang bertajuk “Makin Profesional Mengelola Zakat” ini dihadiri oleh pengurus BKM Mesjid Se-Kota Medan, LSM, Majelis Taklim, organisasi kepemudaan, serta beberapa komunitas dan para pegiat zakat yang hadir dari seluruh kota Medan.

Seminar dimulai dengan kata sambutan oleh Kepala Perwakilan IZI Sumatera Utara,  M Iqbal Farizi yang menyampaikan pentingnya berjamaah dalam memajukan kemashlahatan umat.

Acara seminar resmi dibuka oleh H Abdul Manan MA selaku Kepala Bidang Penerangan Islam, Zakat dan Wakaf mewakili Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. Dalam kata sambutannya ia menyampaikan dukungan Kemenag pada program-program IZI sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional yang terpercaya dalam mengoptimalkan potensi zakat umat.

Tokoh masyarakat sekaligus ulama Sumut, Ustad Abdul Lathif Khan yang turut mengisi acara ini dalam tausiyahnya turut menyampaikan pentingnya sinergi kelembagaan zakat untuk kebangkitan umat dan mengajak seluruh masyarakat muslim Sumut, khususnya peserta seminar untuk bersama bersinergi demi kemashlahatan umat.

Ustad M Suharsono Lc MEi selaku Ketua Biro Kepatuhan Syariah IZI dalam materi Fiqih Zakatnya menyampaikan, "Zakat merupakan sebuah pondasi umat yang selain sebagai kewajiban umat Islam juga sebagai salah satu pondasi umat Islam maka dari itu potensinya harus ditingkatkan."

Sementara, Syahrul Komara STP selaku Trainer dan Konsultan Marketing dalam materinya “Strategi Marketing Lembaga Filantropi” menyatakan  IZI sebagai lembaga filantrophi hadir sebagai penggali potensi fundraising kemashlahatan umat, dan demi kemashlahatan umat perlu disosialisasikan metode yang tepat dalam eksekusinya.

Kemudian Muhammad Ardhani SHut selaku Manager MIZI Nasional dalam materi strategi Pengelolaan Lembaga Zakatnya mengungkapkan, "Seminar ini selain sebagai media edukasi zakat juga sebagai media sosialisasi MIZI di Sumatera Utara, IZI dan BKM serta organisasi lainnya, harus bersinergi demi tercapainya kebangkitan umat melalui optimalisasi peluang zakat."

Acara seminar ini sekaligus menjadi momentum penandatanganan kerjasama beberapa mitra IZI, tiga di antaranya yaitu, BKM Mesjid Al-Furqon Pasar 1 Setia Budi, LSM Jasmine Empowering Society, dan LPTQ Baitul Qur’an Medan, dengan Inisiatif Zakat Indonesia perwakilan Sumut dalam pengelolaan dan penyaluran zakat, infaq dan sedekah.

"Maksud dan tujuan dilaksanakannya seminar managemen zakat yang dilaksanakan IZI ini sebagai bentuk edukasi pengelolaan zakat yang tepat, accountable dan professional bagi seluruh kalangan, menjalin kerjasama dengan harapan potensi zakat bisa lebih maksimal dan mempermudah urusan para muzakki maupun mustahik," Iqbal Farizi memgakhiri. (Jae9)
Komentar Anda

Berita Terkini