Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Kabupaten Tapsel Tambah Kecamatan Baru

Harian 9 author photo

TAPSEL|HARIAN9
Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) kini memiliki 15 Kecamatan dari sebelumnya 14 Kecamatan, setelah diresmikannya Kecamatan baru Angkola Muaratais oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Drs. Eko Subowo, MBA, Selasa (7/8/2018)

Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita, penandatanganan prasasti, pembukaan selubung Kantor Camat Angkola Muaratais, serta peninjauan ruangan Kantor Camat dan Rumah Dinas Camat oleh Pj. Gubsu, dihadiri anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu dan Rambe Kamaruzzaman, Pj. Walikota Padangsidimpuan DR.H Sarmadan Hasibuan, SH, MM, Wakil Bupati  Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar, MM, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, Forkopimda Tapsel, Ketua Wali Amanat USU Drs. Panusunan Pasaribu, sejumlah OPD Provinsi Sumut dan Tapsel , PKK, Dharma Wanita, Kepala Desa, BKMT, Tokoh Masyarakat, Agama dan Adat se Kabupaten Tapsel.

Pj Gubsu Drs Eko Subowo MBA dalam sambutannya mengatakan, pemekaran Kecamatan Angkola Muara Tais telah lama dinantikan, yang tentunya, banyak yang berjasa dalam proses realisasi pembentukannya sehingga mekar dari Kecamatan Batang Angkola.

“ Ini semua tidak terlepas dari komunikasi dan silaturrahmi yang baik di antara seluruh elemen daerah, baik Provinsi maupun pusat serta dipenuhinya seluruh proses administrasi sehingga proses pemekaran bisa terealisasi, “ ujar Pj Gubsu.

“ Semua ini tidak terlepas dari komunikasi dan silaturrahmi yang baik antar elemen di daerah, Provinsi maupun pusat, sehingga seluruh proses administrasi pembentukannya dapat terpenuhi, “ tuturnya.

Menurut Dirjen Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Depdagri) ini, pembentukan Kecamatan Angkola Muaratais, memiliki proses perjuangan yang cukup panjang, serta dilalui oleh para pejuang pemekaran ini. Tentunya, telah banyak pula yang berjasa dalam proses realisasi pembentukan kecamatan yang terdiri dari 2 kelurahan dan 13 desa.

Gubsu juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Angkola Muara Tais khususnya kepada Bapak H. Natimun yang telah menghibahkan tanahnya untuk pertapakan Kantor Kecamatan Angkola Muara Tais dan ini merupakan salah satu kontribusi nyata atau konkrit dari masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam mendukung pemerintah.

“ Terimakasih tak terhingga kepada bapak H. Natimun, yang dengan suka rela telah menyumbangkan tanah pertapakan perkantoran Kecamatan Angkola Muaratais. Semoga sumbangsih ini menjadi amal Jariyah dan motivasi bagi warga lainnya,” sebut Eko Subowo.

Sementara Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan, perjuangan pemekaran ini sejak 2014 sejak lalu namun baru di masa Pj Gubsu inilah Kecamatan Angkola Muara Tais terwujud, padahal komunikasi dengan  beliau terkait rencana peresmian pemekaran Kecamatan Angkola Muara Tais hanya berjalan dua minggu saja.

Syahrul mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Pj Gubsu Drs Eko Subowo yang telah meresmikan Kecamatan Angkola Muara Tais menjadi satu Kecamatan yang definitive, walaupun ada kendala sedikit akibat permasalahan batas wilayah dengan Kabupaten Paluta dan Kota Padangsidimpuan, akhirnya semua bisa terselesaikan.

“ Kantor ini sudah selesai 2017 lalu, namun baru hari inilah bisa diresmikan. Atas nama Pemkab Tapsel, saya juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang menyumbangkan tanahnya secara gratis untuk pertapakan kantor Camat Angkola Muara Tais, “ terangnya.

Sebelumnya Tokoh adat Patuan Kumala Suangkupon mewakili masyarakat mengatakan, selain karena ridho Allah SWT, terwujudnya pemekaran Kecamatan Angkola Muaratais tidak lepas dari peran Syahrul Martua Pasaribu Bupati Tapsel. Dan juga tokoh tokoh diperantauan yang peduli dengan kampung halaman.

Di sisi lain, Patuan Kumala juga memaparkan sejarah Muara Tais telah berdiri sejak zaman dulu atau tahun 1600 M hingga akhirnya sekarang telah diresmikan menjadi kecamatan baru oleh Pj Gubsu.

“ Mari kita jadikan peresmian Kecamatan Angkola Muara Tais ini sebagai momentum dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan dengan hadirnya Kecamatan Angkola Muara Tais, dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, agar semakin baik sebagaimana tujuan dari otonomi daerah, “ harap Patuan Kumala. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini