Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Kepala Desa Garda Terdepan Sebagai Pejuang Perlindungan Jaminan Sosial

Harian 9 author photo


TAPSEL| HARIAN9
Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) harus mampu sebagai garda terdepan sebagai pejuang perlindungan Jaminan Sosial Nasional serta bisa menjadi pencipta yang berarti bisa menciptakan sesuatu yang terbaik dalam membangun desanya masing-masing.

Hal itu disampaikan Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Tapsel Drs. Parulian Nasution MM saat membuka Rapat Kerjasama Operasional (KSO)  kepesertaan aparat Desa se-Kabupaten Tapsel dalam program BPJS Ketenagakerjaan yang berlangsung di Aula Sarasi II lantai 3 Kompleks perkantoran Pemerintahan Bupati Tapsel Sipirok, Rabu (8/8) dan di isi pemateri oleh Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan Amri Irwansyah.

Dihadapan seluruh Camat dan Kades se-Kabupaten Tapsel, Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM menambahkan, bahwa Undang-Undang Nomor 40 tahun 2014 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional baru bisa dieksekusi ataupun diaplikasikan setelah dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 yang mengamanatkan agar tidak satu orang pun rakyat di Indonesia yang tidak terlindungi oleh Jaminan Sosial Nasional. 

“ Diharapkan seluruh Kepala Desa agar mengikutsertakan seluruh perangkat Desanya di dalam program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, sebab anggaran untuk membiayai iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi perangkat Desa bisa ditampung di dalam dana Desa, “ tuturnya.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Padangsidimpuan Zainal Fahruddin menyebutkan kepesertaan perangkat desa di dalam BPJS Ketenagakerjaan saat ini baru mencapai 60 persen kepesertaan dari seluruh Desa yang ada di Tapsel.

“ Ke depan seluruh perangkat Desa bisa terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini memiliki 4 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja,  Jaminan Kematian,  Jaminan Hari Tua serta Jaminan Pensiun, “ terang Zainal. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Tapsel juga menyerahkan klaim Jaminan Kematian ahli waris dari tenaga kerja Bahrin Pulungan Ketua BPD Desa Bulugading Kecamatan Sayurmatinggi Kabupaten Tapsel yang bernama Nur Mayan Siregar sebesar Rp.24 juta, serta pemberian plakat Ketenagakerjaan, disaksikan Plt. Kepala Pemberdayaan dan Masyarakat Desa M Yusuf Nasution serta Kaban Kesbang Hamdy S Pulungan, S.Sos.  (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini