MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

KUA/PPAS Berbasis Aplikasi E-Planning Disosialisasikan

harian9.com author photo

TAPSEL| HARIAN9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Sosialisasi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2019, dengan menggunakan metode aplikasi e-Planning, di aula Bappeda Kompleks Pemerintahan Perkantoran Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Sipirok, Selasa (28/12/2018).

Kegiatan sosialisasi dibuka Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM diikuti sejumlah pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),  Camat dan para Kasubbag Program dan menghadirkan narasumber dari Bappeda Tapsel.

Dalam arahannya Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannnya kegiatan sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tapsel dalam merencanakan program / kegiatan dalam KUA/PPAS dengan menggunakan system aplikasi e-Budgeting. 

Parulian mengaku sangat bangga atas terlaksananya kegiatan sosialisasi tersebut, mengingat, Bappeda adalah sebuah institusi yang sangat bergengsi karena merupakan tempat berkumpulnya para pakar dan pemikir.

“Ibarat masakan, Bappeda lah yang memasaknya. Oleh karena itu OPD tidak boleh lepas dengan Bappeda, karena kalau jauh dari Bappeda kue pembangunan bisa tersumbat dan tidak kebagian,“ paparnya.

Parulian juga berharap kepada seluruh peserta sosialisasi agar senantiasa menggunakan energi berfikir dengan cara mampu memikirkan sesuatu yang belum terfikirkan di balik otak yang belum berfikir.

Sementara Kepala Bappeda Abadi Siregar dalam laporannya mengharapkan kepada seluruh pimpinan OPD agar semua usulan program memperhatikan indikator e-Planning agar semua bisa terdokumentasi dengan baik.

“Penerapan e-Planning mutlak dilaksanakan. Seperti kita ketahui dibeberapa daerah di Indonesia telah merasakan manfaat yang cukup besar dalam penerapan aplikasi ini seperti efektivitas kerja, efisiensi anggaran dan peningkatan capaian indikator kinerja,” kata Abadi.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga di rangkai dengan pemaparan dan Tanya jawab terkait sistem aplikasi antara narasumber dengan peserta sosialisasi.  (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini