Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Pembangunan Harus Mengacu Pada Data Statistik

Harian 9 author photo


TAPSEl| HARIAN9
Perlunya data yang valid bertujan untuk untuk mencapai sasaran pembangunan yang lebih baik karena dengan memiliki data yang valid bisa dijadikan modal untuk mendapatkan kue pembangunan dari pusat.

Di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sendiri, sudah ada wadah yang ditunjuk dalam mengkonsolidasi data seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang  ada di Tapsel yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“ Saya menyerukan kepada semua pihak untuk bekerja bersama membangun Kabupaten Tapsel dengan mengacu kepada data statistik sebagai landasannya dan kiranya data yang ada di Kominfo dan Bappeda juga harus sama dan diketahui oleh pimpinan SKPD masing-masing,” ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu pada acara Focus Group Discussion (FGD) Sinkronisasi dan Finalisasi Data Kabupaten Tapsel Dalam Angka 2018 yang yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Tapsel, di aula Hotel Tor Sibohi Sipirok, Kamis (2/8).

Acara FGD yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Tapsel Fadjar Wahyu Tridjono S.Si MM, Wakapolres Tapsel Kompol H Dalimunthe, SH, Perwakilan Kodim 0212/TS dan diikuti 60 orang peserta dari seluruh pimpinan OPD se Kabupaten Tapsel dan Instansi Vertikal.

Lebih lanjut Bupati Tapsel meyampaikan, terimakasih kepada BPS Tapsel yang telah menggelar acara tersebut, mengiungat acara ini sangat penting dalam mengkonsolidasi data demi terlaksananya pembangunan daerah.

“ Data yang sudah didiskusikan ini kiraya agar dikonsolidasikan dan terdokumentasi dengan baik sehingga bisa menjadi kisi-kisi untuk Kabupaten Tapsel yang lebih baik kedepan, “ tutur Syahrul.. 

Sementara Kepala BPS Tapsel Fadjar Wahyu Tridjono S.Si MM, menyampaikan bahwa Sinkronisasi dan Finalisasi Data Kabupaten Dalam Angka Tahun 2018 tersebut harus sudah rilis paling lambat 16 Agustus 2018.

Menurutnya, BPS selalu memotret kondisi terakhir di wilayah kerjanya baik melalui sensus maupun survey dan data BPS tersebut digunakan secara rutin untuk mendiskusikan asumsi dasar ekonomi makro antara lain pertumbuhan ekonomi, inflasi dan target-target pembangunan.

“Dengan semangat pelayaan di BPS, sejatinya adalah upaya membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya data,“ papar Kepala BPS Tapsel Fadjar Wahyu Tridjono S.Si MM.

Usai acara, dilanjutkan penyerahan cinderamata oleh Kepala BPS Tapsel Fadjar Wahyu Tridjono S.Si MM, kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, atas partisipasinya dalam rangka menyukseskan kegiatan perstatistikan di Kabupaten Tapsel.  (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini