Puting Beliung Landa Paluta, Belasan Rumah dan Kantor Desak Rusak

Harian 9 author photo


PALUTA| HARIAN9
Sedikitnya 11 rumah warga dan 1 kantor desa mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin puting beliung yang melanda kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pada Rabu (1/8/2018) sekitar pukul 17.00 Wib.

Pantauan wartawan, di Desa Padang garugur, Kecamatan Padang Bolak, sebanyak 8 rumah warga dan kantor kepala desa porak poranda dihantam angin puting beliung. 

“Kejadiannya Rabu (1/8/2018) sekitar pukul 17.00 Wib hujan deras disertai angin puting beliung menghantam sejumlah rumah warga dan kantor desa," kata Kepala Desa Padang Garugur, Imran Daud Siregar kepada wartawan, Kamis (2/8/2018).

Dijelaskannya, sore itu sekitar pukul 17.00 wib daerah Paluta diguyur hujan deras setelah dilanda kemarau selama dua bulan lamanya. Saat itu katanya, tiba-tiba terlihat angin berwarna hitam datang dari arah barat. Kemudian menghantam atap rumah warga hingga porak poranda. Lanjutnya, angin puting beliung hanya berdurasi sekitar 20 menit. Namun atap rumah warga sudah banyak yang melayang sampai sejauh 50 meter. 

Saat ini katanya, warga desa Padang Garugur sedang bergotong royong melakukan perbaikan rumah warga dan kantor desa yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. 

“Kita sudah bergotong royong melakukan perbaikan dan mengambil atap seng rumah warga yang beterbangan sejauh 50 meter dari rumah. Ditaksir kerugian mencapai 150 juta," ungkapnya. 

Hal serupa juga terjadi di desa Pangirkiran, Kecamatan Halongonan. Sedikitnya tiga rumah warga rusak akibat hujan disertai angin puting beliung yang terjadi Rabu (1/8/2018). 

“Di daerah Halongonan tepatnya di desa Pangirkiran ada tiga rumah warga rusak akibat dihantam angin puting beliung. Dua unit rumah warga rusak ringan dan satu lagi rusak berat akibat tertimpa pohon mangga yang tumbang," kata Camat Halongonan, M Khadafi Nasution SSTP, Kamis (2/8/2018).

Terpisah, Plt Kadis BPBD Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP MM dikonfirmasi terkait banyaknya rumah warga rusak dihantam angin puting beliung mengaku sudah menerima informasinya. Namun belum ada laporan secara tertulis dari pihak masyarakat.

“Kita sudah menerima laporan dari Camat, tapi belum ada laporan secara tertulis. Namun kita sudah menerjunkan anggota untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga yang rusak akibat dihantam angin puting beliung,” pungkasnya.(dek9)

Komentar Anda

Berita Terkini