Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Atas Suksesnya Pelaksanaan DEKLARASI PADI MINANG SUMATERA UTARA. SABTU, 12 JANUARI 2019, DI RUMAH GADANG BM3 SUMUT JL. ADINEGORO NO. 1 MEDAN

Sambut Peringatan HPS Ke 38, Pemkab Paluta Adakan Lomba Cipta Menu B2SA

Harian 9 author photo




PALUTA| HARIAN9
Sambut peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 yang jatuh pada tanggal 16 oktober mendatang, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) kabupaten Paluta menggelar kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) di halaman kantor Dinas Ketapang Paluta, Kamis (30/8/2018)

Kegiatan yang mengusung tema ‘Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Sawah Menuju Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia tahun 2045’ dibuka oleh Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap yang diwakili aisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap dan dihadiri Forkompida, TP PKK Paluta, camat se Paluta beserta undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Paluta Drs H Bachrum Harahap yang disampaikan oleh asisten I Setdakab Paluta Sarifuddin Harahap bahwa perwujudan ketahanan pangan di Kabupaten Paluta adalah tanggung jawab bersama yang harus di laksanakan bagi keberlanjutan peradaban manusia dalam upaya membangun kemandirian pangan.

"Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia di kabupaten Paluta kali ini merupakan momen untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerjasama dengan pihak pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan.di masa mendatang,sebagai upaya pemenuhan pangan yang akan menghadapi tantangan yang semakin berat,” terangnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan dengan digelarnya kegiatan lomba B2SA merupakan salah satu upaya mengintensifkan pemberdayaan pangan lokal sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di Paluta.

Dirinya berharap, upaya ini hendaknya semakin menyadarkan dan menggerakkan masyarakat untuk lebih mendayagunakan potensi pangan lokal untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketapang Paluta Mahran SP yang bertindak sebagai ketua panitia dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan HPS tahun 2018 di tingkat Kabupaten sesuai SK Bupati Paluta nomor 003.4/595/K/2018 tanggal 14 Agustus 2018 dan dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah Dinas Ketapang Paluta nomor 2.03.01.15.32.5.2 tanggal 8 Januari 2018.

"Dalam kegiatan menyambut peringatan HPS  ini dilaksakan lomba B2SA yang hampir rutin di adakan setiap tahunnya, sebagai bagian dari dukungan pemerintah memasyarakatkan penerapan konsumsi pangan B2SA yang di ikuti tim tim PKK kecamatan dari 12 kecamatan di Paluta,” jelasnya.

Perlombaan cipta menu B2SA  yang menghadirkan tim juri dari TP PKK Kabupaten Paluta dan ahli gizi dari Dinas Kesehatan Paluta tersebut meliputi 5 kategori yakni kategori pelopor ketahanan pangan, kategori ketahanan pangan, kategori pembina ketahanan pangan, kategori pembangunan ketahanan pangan dan kategori pelayanan ketahanan pangan.

Di akhir kegiatan, panitia menyampaikan pengumuman pemenang lomba cipta menu B2SA tahun 2018 yang dilanjutkan dengan penyerahan trophy dan hadiah kepada para pemenang. Berdasarkan penilaian para juri, juara I diraih Kecamatan Hulu Sihapas, Juara II Kecamatan Padang Bolak Julu, Juara III Kecamatan Batang Onang, Juara harapan I Kecamatan Portibi, Juara harapan II Kecamatan Padang Bolak Tenggara dan Juara harapan III Kecamatan Dolok Sigompulon.(dek9)

Komentar Anda

Berita Terkini