Sarmadan Hasibuan: Kekerasan Terhadap Anak Harus Dicegah

Harian 9 author photo

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM meminta semua pihak khususnya orang tua untuk untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak, karena mereka merupakan asset bangsa yang sangat berharga dan harus kita lindungi.

“Hindari kekerasan terhadap anak, lindungi mereka, beri pendidikan yang layak, beri mereka ajaran agama dan perhatikan gizi mereka dengan baik sehingga mereka menjadi anak yang baik, cerdas dan beriman,“ ujar Pj Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM kepada wartawan usai menghadiri peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 Tingkat Kota Padangsidimpuan yang dilaksanakan di Halaman Bolak Padangsidimpuan, Selasa (31/7)

Menurutnya, terkait perlindungan terhadap anak, Pemerintah Kota Padangsidimpuan sangat serius memberikan perhatian terhadap masa depan anak-anak di Kota Padangsidimpuan, bahkan, peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak terus dilakukan, bagaimana agar bisa berjalan dengan baik, sebagaimana yang kita harapkan bersama.

Oleh sebab itu katanya, pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) agar suatu program dengan memberikan perhatian dan pendampingan terhadap anak-anak yang mendapat kekerasan di tingkat keluarga khususnya di Kota Padangsidimpuan.

“Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas PP & PA telah banyak melakukan pendampingan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan di tengah-tengah keluarga. Untuk itu dibutuhkan langkah-langkah pencegahan yang luar biasa, diantaranya koordinasi dengan institusi lain seperti Rumah Sakit Umum Daerah, Dinas Kesehatan, Kepolisian, dll serta pengawasan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak, agar anak-anak di Kota Padangsidimuan benar-benar terlindungi dari berbagai hal negatif,“ tuturnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat segera melapor bila melihat ada insiden pelecehan atau kekerasan anak. Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kota Padangsidimpuan siap berada di garda terdepan untuk membantu korban dan mengawasi proses hukumnya.

“  Orang tua juga harus memperhatikan kebutuhan hak anak. Jangan sampai ada anak yang tidak diberikan perlindungan atau membiarkan mereka terlantar dan upaya perlindungan terhadap anak juga harus melibatkan peran orang tua dan keluarga, “ terangnya.

Selain perlindungan terhadap kekerasan anak, Pemko Padangsidimpuan juga tetap memperhatikan kesehatan anak dengan peningkatan gizi anak, khususnya bagi keluarga miskin dan kurang mampu.

“Kesehatan anak melalui peningkatan gizi juga harus kita perhatikan. Jangan ada anak-anak kita yang kondisi kesehatannya terganngu akibat kurangnya asupan gizi. Tentunya ini juga menjadi perhatian kita bersama,“ imbuhnya.

Menyikapi tentang perlunya perlindungan anak terhadap kekerasan, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH menyatakan, apa yang disampaikan Pj. Walikota tersebut memang benar. Karena, awal untuk memulai pendidikan anak dan perhatian terhadap gizi anak itu datang dari seorang ibu. Kemudian, saat anak memasuki usia 6 tahun, pendidikan kita percayakan kepada guru. Jadi peran ibu itu sangat penting sekali dan tumbuhkembangnya seorang anak itu dari seorang ibu.

“Kami selaku perempuan dan ibu rumah tangga tentunya berterimakasih kepada pemerintah atas perhatiannya terhadap perlindungan anak, baik itu perlindungan anak terhadap aksi kekerasan, serta perlindungan terhadap kesehatan anak dengan memperhatikan tingkat gizi anak,“ kata Hj. Taty.

Menurutnya, anak usia dini itu merupakan tanggungjawab orang tua dan sejak anak dilahirkan hingga mencapai remaja, anak itu masih menjadi tanggungjawab orang tua dan kami sebagai ibu tentunya harus memberikan perhatian penuh terhadap masa depan anak.

“Jadi peran ibu serta keluarga itu sangat penting dengan tetap memperhatikan pendidikan, kesehatan dan peningkatan gizi anak hingga anak bisa tumbuh hingga dewasa dan mandiri,“ terang Taty.  (Wan9)



                                                                                             
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dan Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj. Taty Aryani Tambunan, SH saat wawancara dengan wartawan, usai menghadiri peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018 yang dilaksanakan di Padangsidimpuan (Foto: Riswandy)
Komentar Anda

Berita Terkini