Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Terhalang Rumput Liar, Ruas Jalan Propinsi Bisa Jadi Rawan Kecelakaan

Harian 9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Sejumlah ruas jalan Propinsi di Kota Padangsidimpuan diantaranya Jalan Jenderal (Purn) Abdul Haris Nasution (By Pass) akhir-akhir ini mulai rawan terhadap terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas). Pasalnya, ruas jalan yang panjangnya sekira 10 kilometer itu mulai ditumbuhi dengan rumput liar yang tinggi, sehingga menghalangi pandangan bagi pengguna jalan, khususnya di jalan yang menikung.

Pantauan Wartawan, Sabtu (4/8/2018), terlihat dengan kondisi Jalan By Pass Kota Padangsidimpuan yang mulai mengkhawatirkan dan rawan kecelakaan. Rumput liar yang tumbuh dipinggiran jalan jadi gangguan pengendara saat melintas. Bahkan banyak korban jiwa berjatuhan akibat Laka Lantas di tikungan Jalan By Pass, diduga jalan yang terhalang oleh tumbuhnya rumput yang tinggi.

Melihat kondisi tersebut, ruas jalan tersebut harus segera ditangani, guna menghindari korban. Pihak terkait khususnya Dinas Bina Marga Propinsi Sumut melalui Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Padangsidimpuan melakukan pemeliharaan melalui program rutin pembabatan rumput pinggir jalan di ruas jalan Propinsi di Kota Padangsidimpuan.

Erwin Sinaga, seorang politisi di Kota Padangsidimpuan, sangat menyayangkan kalau Jalan Propinsi khususnya Jalan By Pass Kota Padangsidimpuan tidak dilakukan pemeliharaan terutama pembabatan rumput di pinggir jalan yang sering menjadi penghalang dan mengganggu pengguna jalan.

“Setahu saya anggaran rutin untuk pembabatan rumput pinggir jalan itu ada dan seharusnya kegiatan itu harus dilaksaakan, karena menyangkut keselamatan penggina jalan khususnya di daerah tikungan agar tidak mengganggu dan menimbukan kecelakaan,“ tutur Erwin

Ia meminta perhatian serius dari Pempropsu melalui Dinas Bina Marga Propinsi Sumut pada Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Padangsidimpuan terkait perawatan dan pemeliharaan jalan propinsi yang ada di Kota Padangsidimpuan.

“Tidak saja terkait memeliharaan dan pembabatan rumput yang tumbuh di pinggir jalan, tapi juga menambalan jalan berlobang yang ada di Kota Padangsidimpuan yang juga harus dilakukan secara rutinitas,“ ujarnya.

Sementara Ikhwan (43) seorang pegnendara mengungkapkan kekhawatirannya bila melintas di jalan By Pass, karena jalan yang terhalang dengan rumput-rumput liar yang tinggi tumbuh di pinggir jalan.

“Kalau ini tidak segera dilakukan penangann banyak korban, saya khawatir akan banyak korban jiwa  berjatuhan akibat jalan yang terhalang dengan tumbuhan liar yang tinggi dan menghalangi jalan,“ katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Propinsi Sumut melalui Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Padangsidimpuan Ir Sabirin, melalui Kasi Pemeliharaan Ikhdar Abudayar Harahap, ST, yang dikonfirmasi mengatakan, Bina Marga Provinsi Sumut melalui UPT Padangsidimpuan secara rutin telah melakukan pemeliharaan melalui program rutin pembabatan rumput pinggir jalan di sepanjang jalan Propinsi yang ada di Kota Padangsidimpuan termasuk jalan AH Nasution (by Pass)

“Kita sudah beberapa kali melakukan perawatan jalan melalui program pemelihataan rutin. Nah..untuk tahun ini juga telah kita lakukan perawatan dan tim kami sedang melaksanakan pelerjaan di ruas lajan yang lain dan menyusul di euas jalan By Passi ini, “ tukasnya.(Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini