Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Tingkatkan Pemutakhiran Data Pemilih, PPK Padang Bolak Turun Ke Jalan

Harian 9 author photo
Dengan mengendarai mobil penuh spanduk dan sticker di sepanjang jalan protokol wilayah Padang Bolak, PPK Padang Bolak mengajak masyarakat melalui mikropon untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih. (Foto: Akhir S. Rambe)



PALUTA| HARIAN9
Untuk meningkatkan pemutakhiran data pemilih di kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), berbagai cara dan kegiatan dilakukan oleh pihak penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paluta beserta jajarannya. Seperti yang dilakukan oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Padang Bolak yang turun kejalan mengajak masyarakat memastikan diri terdaftar dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang sudah diumumkan di setiap desa.

Sosialisasi dalam bentuk pengumuman dan ajakan langsung tersebut dilakukan oleh PPK Padang Bolak dengan mengendarai mobil jenis pick up yang ditempeli dengan berbagai spanduk dan sticker terkait pengumuman pemutakhiran data sambil mengumumkan melalui mikropon atau toa untuk mengajak masyarakat memastikan diri terdaftar di dalam DPS yang diumumkan.

Ketua PPK Padang Bolak Samsuddin Siregar SH yang turut serta turun melakukan sosialisasi langsung mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemutakhiran data dan partisipasi pemilih khususnya di kecamatan Padang Bolak.
Katanya, cara yang bisa dikatakan unik ini dilakukan untuk menarik perhatian dan minat masyarakat agar lebih antusias dalam memastikan diri terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2019 mendatang.

“Supaya masyarakat lebih tahu dan antusias untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih,” katanya.

Lanjutnya, selain melakukan sosialisasi dan pengumuman langsung kepada masyarakat yang dilaksanakan selama 2 hari ini, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui PPS di setiap desa dengan cara mendatangi langsung masyarakat yang belum terdata dan terdaftar.

Masih menurut Samsuddin, berbagai kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2019 mendatang. Salah satunya dengan memastikan telah terdaftar sebagai pemilih yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP el atau Suket. 

“Kita berharap, sosialisasi yang telah dengan gencar dilaksanakan dengan menyasar berbagai segmen dapat meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kuantitas maupun kualitas,” ungkapnya.

Terpisah, komisioner KPU Paluta divisi program dan data M Nafsir Rambe SPd mengapresiasi cara yang ditempuh oleh pihak PPK Padang Bolak untuk melaksanakan sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat untuk pemutakhiran data pemilih.

Diharapkannya, berbagai bentuk sosialisasi yang dilaksanakan ini nantinya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih dan ikut serta berpartidipasi dalam pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

Pantauan, anggota PPK Padang Bolak beserta sejumlah staf melakukan sosialisasi pengumuman dan ajakan kepada masyarakat untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih dengan mengendarai mobil yang penuh dengan spanduk dan sticker tentang pemutakhiran data.(dek9)




Komentar Anda

Berita Terkini