Tuntut CSR, Puluhan Masyarakat Demo Ke PT Tapian Nadenggan

Harian 9 author photo

PALUTA| HARIAN9
Puluhan masyarakat dari lima desa yakni Desa Siancimun, Batang Gogar, Ujung Gading, Janji Raja dan Sihopuk yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda dan Masyarakat Bersatu (AMPMB) datangi Kantor Besar PT Tapian Nadenggan (PTTN), Desa Huta Baru Nangka, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Paluta, Kamis (9/8/2018).

Kedatangan massa yang berjumlah sekitar 80 orang itu menuntut PTTN agar menyalurkan CSR (Corporate Social Responsibility), memberikan kebun plasma sebesar 20 persen dari luas HGU. Tak lupa massa juga meminta kepada PTTN agar memperhatikan Daerah Aliran Sungai (DAS) serta kedepannya agar lebih memperhatikan masyarakat yang bermukim sekitar perusahaan.

“Ada beberapa tuntutan yang harus memang di perhatikan bersama. Kepada PTTN diminta untuk menyalurkan CSR, kebun plasma, memperhatikan DAS serta lebih peduli lagi dengan masyarakat sekitar,” kata Ketua AMPMB Jainuddin Harahap didampingi Kordinator lapangan Habibi P Harahap dan Hendra Siregar.

Masih dalam orasinya, di dalam undang-undang perseroan terbatas Nomor 40 tahun 2007 Pasal 27 ayat 1 di amanatkan bahwa setiap perusahaan harus memenuhi  CSR terhadap lingklungan dan masyarakat sekitar. Namun dugaan kami bahwa pihak PTTN sama sekali tidak merealisasikan hal tersebut.

Satu jam lamanya orasi, akhirnya Manager PTTN Edi Abnerta didampingi Kapolsek Padang Bolak AKP Kasmir Sitanggang menjumpai pengunjukrasa dan menyampaikan terimakasih dan selamat datang di Kantor Besar PTTN.

Terkait dengan tuntutan pengunjukrasa, pihak PTTN meminta dan mempersilahkan perwakilan lima orang untuk melakukan audiensi. Namun tawaran yang disampaikan pihak PTTN untuk audiensi di tolak.

“Masyarakat yang hadir merupakan perwakilan dari lima desa, kedatangan massa adalah awal dari aksi berikut. Terima kasih atas sambutan pihak PTTN dan untuk audiensi kami menolak dan akan melakukan aksi berikutnya dengan jumlah massa yang lebih banyak,” tegas Korlap Habibi P Harahap sembari membubarkan diri dengan tertib.()

AMPMB bersama masyarakat yang tergabung dari lima desa datangi Kantor Besar PT Tapian Nadenggan, Desa Huta Baru Nangka, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Paluta. (ist)
Komentar Anda

Berita Terkini