Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Warga Harapkan Pempropsu Perbaiki Jalan Propinsi di Kota Padangsidimpuan.

Harian 9 author photo



PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Warga Kota Padangsidimpuan mengharapkan, Pemerintah Propinsi Sumatera Utara (Pempropsu) lebih tanggap terhadap kerusakan jalan Propinsi yang ada di Kota Padangsidimpuan, khususnya pada ruas Jalan Jenderal (Purn) Abdul Haris Nasution (by pass).

“Kerusakan jalan Propinsi di Kota Padangsidimpuan khususnya Jalan Abdul Haris Nasution (by pass) harus menjadi perhatian serius oleh Pempropsu untuk dilakukan perawatan dan pemeliharaan," ujar Toni Tobing (62), warga Kelurahan Batunadua Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan, Kamis (2/8/2018) 

Toni Tobing, yang bermukim persis di tepi Jalan Propinsi By Pass Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, sering mengeluhkan kondisi jalan rusak yang sebahagian titik kerusakan berada tepat di depan rumahnya.

“Beberapa kali truk sering terperosok di tengah jalan yang berlobang karena roda truk selip ke dalam lobang jalan yang cukup besar di lokasi jalan yang rusak, sehingga menimbulkan kemacetan,“ katanya.

Menurutnya, ada beberapa titik kerusakan parah, kalau di total panjang jalan yang rusak mencapai 2 kilometer. Selain aspal badan jalan yang terlelupas, serta banysk yang berlobang dengan rata-rata diameter lobang jalan memiliki lebar 3 meter, panjang 4 meter dan kedalaman sekitar 10 cm.

“Bila musim hujan, air hujan menjadi tergenang di lobang jalan yang rusak dan menimbulkan becek, sehingga sering mobil bertonase cukup berat yang melintas terpuruk di jalan depan rumahnya dan kalau musim kemarau jalan menjadi berdebu dan debu yang beterbangan mengotori rumah warga, “ tutur Tobing lagi.

Ia berharap pemerintah segera melakukan langkah cepat untuk memperbaiki ruas jalan Propinsi by pass Kota Padangsidimpuan apalagi jalan ini sebagai jalan alternatif dan merupakan jalur untuk lintasan truk bertonase berat dari Medan menuju Padang.

Lain kagi keluhan yang disampaikan pengendara yang melintas I.Nausution (43) yang sering merasa terganggu dengan kerusakan jalan tersebut, apalagi untuk menuju rumahnya, ia mengunakan akses jalan ini karena jarak tempuh yang singkat.

“Ini jalan benar-benar menyiksa. Lihat saja, ruas jalan yang rusak itu tanahnya seperti tanah liat. Jadi kalau hujan tanah di bawah aspal menjadi lembek dan belumpur, bahkan kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung lama, kendati ada perawatan hanya bertahan sebentar atau hanya hitungan bulan sudah rusak kembali,“ ujarnya.

Ia juga cukup menyayangkan lemahnya pengawasan pemerintah terhadap kualitas perbaikan jalan by pass tersebut. “ Jalan by pass ini sudah sering diperbaiki tapi tidak bertahan lama, ” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga Propinsi Sumut melalui Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Padangsidimpuan Ir Sabirin, melalui Kasi Pemeliharaan Ikhdar Abudayar Harahap, ST, yang dikonfirmasi mengatakan, Bina Marga Provinsi Sumut melalui UPT Padangsidimpuan telah melakukan pemeliharaan melalui program rutin dengan menambal jalan yang berlobang di sepanjang jalan Propinsi yang ada di Kota Padangsidimpuan termasuk jalan AH Nasution.

“Kita sudah beberapa kali melakukan perawatan jalan melalui program pemelihataan rutin. Tapi kondisinya tetap saja rusak, karena jalur ini dulunya merupakan lahan persawahan sehingga tanah masih lembek walau sering di timbun dan di aspal. Nah, untuk tahun ini juga akan kita lakukan perawatan dan kami telah melakukan survey lapangan,“ tukasnya. (Wan9)



Kondisi jalan Propinsi di Jalan AH Nasution (By Pass) Kota Padangsidimpuan, yang rusak parah. (Foto: Riswandy)


Komentar Anda

Berita Terkini