8 Pelajar Bolos Sekolah Terjaring Razia Satpol PP Paluta

Harian 9 author photo



PALUTA| HARIAN9
Sebanyak 8 orang pelajar terjaring operasi kasih sayang yang digelar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Senin (3/9). Para pelajar tingkat SMA dan SMP ini terjaring razia ketika sedang berkeliaran diluar lingkungan sekolah pada saat jam pelajaran sedang berlangsung.

Kepala Satpol PP Paluta Yusuf MD Hasibuan mengatakan, operasi kasih sayang ini dilakukan dengan harapan meminimalisir kenakalan siswa yang bolos pada saat jam pelajaran berlangsung.

Katanya, pihaknya melakukan razia ini berdasarkan pengaduan masyarakat atas banyaknya pelajar yang bolos sekolah dan akan terus melakukan razia sepanjang masih ada pelajar yang membolos untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa ini.

“Untuk mengurangi kenakalan dan tindak pidana yang mungkin akan terjadi seperti tawuran dan yang lainnya,” ujarnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh pihak terutama orangtua agar bekerjasama menjaga anak-anak khususnya pelajar supaya sekolah dengan baik dan tidak berkeliaran pada saat jam pelajaran.
Senada, Kabid Trantibum Olbinton Situmeang menjelaskan bahwa keseluruhan pelajar yang masih mengenakan seragam sekolah tersebut terjaring razia saat berkeliaran diluar sekolah pada saat jam pelajaran masih berlangsung.

Lanjutnya, seluruh siswa yang terjaring razia yakni 8 orang tersebut dibawa ke kantor Satpol PP Paluta untuk diberikan pengarahan dan pembinaan serta diberi hukuman dengan mencukur rambut seluruh pelajar tersebut.

“Mereka ditangkap saat sedang berkeliaran diluar lingkungan sekolah pada saat jam pelajaran. Sebagian besar berada di areal perkebunan warga dan semuanya dibawa ke kantor untuk diberi pembinaan dan dimintai keterangan,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah diberikan pembinaan dan membuat surat pernyataan untuk tidak mengulanginya lagi, keseluruhan pelajar tersebut dipulangkan setelah dijemput pihak sekolah dan orangtua masing-masing.

Olbinton juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan operasi kasih sayang ini untuk meminimalisir kenakalan siswa khususnya pada saat jam pelajaran sedang berlangsung.()

Para pelajar yang terjaring operasi kasih sayang saat diberikan pembinaan diruangan kantor Satpol PP Paluta (Foto: Akhir S Rambe)

Komentar Anda

Berita Terkini