Antsipasi persekongkolan dan Tender, KPPU Medan Koordinasi Langsung Dengan Pemprov Sumut

Harian 9 author photo
Kepala KPPU KPD Medan,Ramli Simanjutak pada saat jumpa Sekda Prov Sumut di kantornya Promprov Sumatra Utara. (Foto: Jaenal)


MEDAN| HARIAN9
Sesuai tugas dan wewenang Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yaitu penegakan hukum dan saran kebijakan. Melihat sering terjadinya persekongkolan tender di wilayah kerja Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemrovsu) maka KPPU Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan melakukan koordinasi  dengan Pemprovsu. 

Kepala KPPU KPD Medan Ramli Simanjuntak mengatakan, dalam bidang penegakan hukum, perlu perhatian khususnya dalam pengadaaan barang dan jasa. Karena kasus di Provinsi Sumut lebih banyak mengenai persekongkolan tender. Sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan dalam menciptakan persaingan usaha yang sehat.

"Dalam bidang saran pertimbangan, KPPU juga telah melakukan koordinasi dengan baik, khususnya dalam pembuatan Perda ataupun regulasi di lingkungan Pemprovsu. KPPU sudah berperan aktif  dan dilibatkan dalam pemberian saran pertimbangan kepada pemerintah baik di daerah maupun pusat," katanya di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Provsu Sabrina, Senin (3/9/2018).

Ramli menegaskan, ke depan yang diutamakan adalah upaya pencegahan. Agar masalah kasus persekongkolan ini tidak terjadi lagi di wilayah kerja Pemprovsu.

Sekda Provsu Sabrina sangat menyambut peran aktif KPPU dan berencana untuk melakukan sosialisasi yang melibatkan ULP, LPSE, Pokja, dan unit terkait pada Pemprov Sumut.

"KPPU diharapkan melakukan kunjungan berkala yaitu tiga bulan sekali dalam rangka melakukan koordinasi dan sinergi dengan harapan mengutamakan pencegahan dan melibatkan KPPU dalam kegiatan," tegasnya.

Dikatakannya, bahwa pihaknya akan membantu menjembatani KPPU dan seluruh unit kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 

"Tindak lanjut pertemuan ini, akan diadakan sosialisasi pengadaan barang dan jasa kepada seluruh jajaran Pemerintah Prov Sumut," pungkasnya. (Jae9)


Komentar Anda

Berita Terkini