Babinsa Jombang Koramil 0824/27 Jombang Hadiri Petik Padi Pok Tani

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Tasyakuran panen padi yang akrab diistilahkan “Petik Padi” masih berlaku dikalangan petani di Kabupaten Jember sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT terhadap pertanian dari tanam hingga panen yang lancar tanpa gangguan hama yang berarti.

Seperti yang dilakukan di Ds Jombang Kec Jombang Kabupaten Jember dimana Babinsa Serda Subur bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) menghadiri selamatan Petik Padi Kelompok Tani Makmur yangdihadiri oleh 25 orang anggota Pok Tani.

Dalam sambutannya Ketua Pok Tani Subur  Suharno menyampaikan bahwa pada musim tanam ini kita patut bersyukur karena hasilnya relatif lancar dan ridak ada gangguan hama tanaman, seluruh petani di Desa Jombang saat ini rata-rata memasuki masa panen.

Kita juga patut bersyukur berkat pendampingan Babinsa bersama PPL ini kita dimudahkan dan diberikan arahan tehnis bahkan persediaan bibit, pupuk serta obat-obatan terkawal bahkan sarana alat mesin pertanian tersedia dengan baik sehingga petani sangat dimudahkan. 

"Kemudian selanjutnya nanti kita mencanangkan Program Tanam Padi Sehat 2018 yang akan segera kita mulai pasca panen ini," kata Suharno.

Serda Subur dalam sambutannya memberikan himbauan agar hasil panen petani ini untuk dapatnya dijual kepada Bulog Sub Divre Jember guna memperkuat stock pangan pemerintah serta melakukan percepatan tanam pasca panen ini dengan mengolah lahan menggunakan alat mesin pertanian, sehingga lebih evektif waktu dan biaya.

Danramil 0824/27 Jombang Kapten Kav Tri Harjono membenarkan adanya kegiatan pendampingan Babinsa Jajarannya tersebut, bahkan dimusim panen ini seluruh Babinsa sudah kita arahkan untuk menghimbau percepatan tanam sebagai bagian  dari optimalisasi pertambahan Luas Tambah Tanam di Kecamatan Jombang.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih kepada anggota jajarannya yang telah melaksanakan kegiatan pendampingan ini dengan baik, dan saya menyampaikan selamat kepada petani yang telah memasuki masa panen, semoga panennya dapat optimal dengan hasil yang memuaskan. 

"Kehadiran Babinsa dalam Petik Padi tersebut tentunya memotivasi petani untuk melestarikan budaya serta memberikan himbauan terkait serapan gabah dan percepatan tanam kepada petani," kata Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: Sis24)


Komentar Anda

Berita Terkini