Banyaknya Perkebunan Sawit Sebabkan Kekeringan

Harian 9 author photo

ACEH UTARA| HARIAN9
Mahasiswa Universitas Malikussaleh (unimal) Isma Winda, mahasiswi Manajemen, berharap Pemerintah Aceh Utara turun ke lapangan, untuk mengatasi persoalan kekeringan yang terjadi beberapa saat yang lalu di 11 desa di wilayah kecamatan Baktiya Barat. Isma, menuding bila penyebab kekeringan melanda kawasan itu karena banyaknya perkebunan sawit. Ia menyebutkan bila investasi sawit di Aceh Utara telah menyebabkan sumber mata air kering.

“Keberadaan sawit tidak hanya membuat sumber air utama petani menjadi mengering dan tercemar tetapi juga bisa menjadi penyebab terjadinya banjir bandang yang hampir setiap tahun terjadi,” katanya.

Winda mengatakan banyak pemegang konsesi yang mengabaikan dampak lingkungan saat melakukan usahanya, khususnya saat melakukan perluasan kebun sawit di Aceh Utara. Meskipun pemerintah telah mengeluarkan moratorium sawit, tapi perluasan lahan tetap terjadi karena lahan yang diterlantarkan ada yang baru mulai digarap.

Mahasiswi Unimal ini mengingatkan pemerintah untuk segera mengatasi persoalan kekeringan sawah yang baru-baru ini terjadi di Baktiya Barat. (man9)

Komentar Anda

Berita Terkini