BPJS Ketenagakerjaan Berharap Pekerja Bisa Manfaatkan PLKK

Harian 9 author photo
MEDAN| HARIAN9
BPJS Ketenagakerjaan berharap pekerja yang mengalami kecelakaan kerja bisa memanfaatkan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK). Hal itu dikatakan Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut Umardin Lubis. 

Dikatakannya, saat ini masih ada perusahaan yang belum memanfaatkan layanan ini. Kedepan pihaknya berkeinginan semua peserta BPJS Ketenagakerjaan, jika mengalami kecelakaan sudah bisa memanfaatkan PLKK.

"Kedepan kami berkeinginan semua peserta BPJS Ketenagakerjaan kalau mengalami kecelakaan sudah bisa memanfaatkan PLKK. Apalagi di Sumabagut saja, ada 1,2 juta tenaga kerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," katanya saat membuka acara Optimalisasi Program Jaminan Kecelakaan Kerja melalui Pemanfaatan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja(PLKK) di Medan, Kamis, (6/9/2018).

Disebutkannya, pihaknya terus melakukan sosialisasi tentang layanan itu. Bagi peserta yang memanfaatkan layanan ini, semua biaya ditanggung BPJS Ketenagakerjaan. 

"Perusahaan tidak dibebankan lagi selama pekerja masih bekerja di perusahaan," ungkapnya.

Diakuinya dana untuk pelayanan ini sangat besar dan langsung dibayarkan di akhir bulan. Misalnya, ada tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja di Kisaran. Kedua kaki dan tangannya diamputasi. Pihaknya langsung menangani peserta dengan memberikan alat bantu agar dia bisa kembali bekerja dan pelayanannya sampai dia bisa memfungsikannya dengan baik alat tersebut.

Sementara itu Asdep Kebijakan Program JKK JKM Budi Priyono mengatakan, PLKK adalah perpanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan.  Saat ini salah satu masalah dalam PLKK adalah kelengkaan data peserta.

"Kedepan kami berharap ada kelengkapan data peserta sehingga BPJS Ketenagakerjaan bisa meningkatkan pelayanan, " ucapnya.

Dalam acara tersebut juga di serahkan klaim kematian secara simbolis kepada para korban KM Sinar Bangun yang di berikan oleh Umardin Lubis, Budi Priyono, Asisten Deputi Bidang Pelayanan Wilayah Sumbagut Dr.Suci Rahmad dan Kepala Kantor Cabang Medan Utara Asran Pane kepada ahli waris diantaranya; 

Tenaga Kerja Bayu Syahputra dari PT Perintis Perkasa ahli waris Yusdianto sebesar Rp.31.162.250. 

Tenaga Kerja Ihsan Zulkarnaen dari PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ahli waris Muhammad Sholeh sebesar Rp. 27.213.170.

Tenaga Kerja Khairiyah Handayani dari PT Pradipta Adhi Cipta Unit MD Ferrerro ahli waris Endang Pasaribu sebesar Rp.24.282.160.

Tenaga Kerja Diki Prayogi dari PT Behn Meyer Enginering ahli waris Kasyanto sebesar Rp.27.380.677.

Tenaga Kerja Eka Afriyanti dari PT Wira Dwika ahli waris Ngatinah sebesar Rp.28.951.909,

Tenaga kerja Hadriyan dari PT Sahesa Permata Tangguh ahli waris Riyan Affandi sebesar Rp.28.722.266.(jae9)


Komentar Anda

Berita Terkini