Dandim 0824 Apresiasi Prestasi Adika Miftachul Ulum Putra Anggota Peraih Medali Emas Karate

Harian 9 author photo
(Foto: Sis24) 

JEMBER| HARIAN9
Belum pudar ingatan kita pada gelaran Asian Game 2018 momentum olahraga Asia yang dilaksanakan di Indonesia, kini ada lagi gelaran Pekan Olah Raga dan Seni Ke XII Politeknik Negeri Se Indonesia Tahun 2018 yang digelar di GOR Ciracas Depok Jawa Barat, melibatkan 48 perguruan tinggi Politeknik se Indonesia termasuk Politeknik Negeri Jember (Polije).

Sungguh membanggakan sebagai salah satu Politeknik Negeri yang berada di Kota Jember mampu menduduki peringkat 3 Nasional dengan raihan 15 medali yaitu 7 emas, 3 perak dan 4 perunggu dari 73 peserta yang dikirim diantaranya Mahasiswa Agro Industri Pertanian Adika Miftachul Ulum, mahasiswa kelahiran Jember pada (20/10/1999) peraih medali emas dari cabor karate.

Dalam wawancaranya pada Kamis (13/09/2018) Pukul 20.00 WIB, Adika Miftachul Ulum merupakan putra ke dua dari empat bersaudara pasangan Edi Broto Sungkowo (PNS Kodim 0824) dengan Yuli Sri Indrawati yang beralamat di Jl Trunojoyo VII Blok 2 No. 142 Jember memilih olah raga karate sebagai menjadi kegiatan tambahan bagi dirinya setelah pulang sekolah, begabung dengan Perguruan Institut Karate-Do Indonesia (INKAI Jember) sejak berusia 7 Tahun, berbagai kejuaraan telah diikuti baik tingkat Kabupaten, tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

Berkali-kali dalam setiap tahunnya kadang dua sampai tiga kali mengikuti kejuaraan mewakili Kabupaten Jember Adika panggilan akrabnya selalu tampil meraih juara, tiga tahun terakhir kejuaraan yang diikuti diantaraya Kejurda Tahun 2015 INKAI Provinsi Jawa Timur Juara-I Kumite Junior -55 Kg,  Tahun 2017 Kerjurda FORKI Provinsi Jawa Timur Piala Pangdam V/Brawijaya Juara II Kumite Under -60 Kg dan yang terakhir tahun 2018 pada Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) Politehnik Negeri Se Indonesia Juara I Kumite -65 Kg.

Prestasi demi prestasi yang diraih tersebut bukanlah hal mudah namun perlu perjuangan gigih dengan porsi latihan yang tinggi baik fisik maupun tehnik, Adika yang sebelumnya bergabung dengan dojo INKAI Kodim 0824 kini berlatih di Dojo INKAI  RSUD  Dr. Subandi Jember berterima kasih kepada jajaran Pengurus Pelatih INKAI Jember yang telah membentuk dirinya hingga menjadi atlit seperti sekarang ini utamanya Sensai Suyitno, Senpai Almabruri dan sekarang ditangani oleh Senpai  Abdul Hadi dan Beko Purwanto.

Suka duka sebagai atlet karate yang seringkali mengikuti kejuaraan tersebut saat diwawancarai secara tehnis persiapan dirinya dalam menghadapi berbagai kejuaraan harus selalu prima dan itu sudah dapat dilakukan dengan menyesuaikan porsi latihan yang telah diberikan oleh pelatih.

Namun terus terang dalam wawancaranya menurut Adika  secara non tehnis yang sering menjadi kendala adalah akomodasi dalam mengikuti kejuaraan-kejuaraan yang sering kesulitan karena dukungan anggaran akomodasi dari FORKi Jember maupun INKAI Jember yang sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan akomodasi  atlet sehingga sering membebani orang tuanya.

Adika sangat bersyukur karena orang tuanya sangat mendukung dirinya dalam melaksanakan latihan maupun mengikuti kejuaraan-kejuaraan  sehingga bisa fokus dalam melakukan latihan maupun menghadapi kejuaraan-kejuaraan yang dikuti.

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi sangat mengapresiasi  prestasi putra anggotanya tersebut, sekaligus menyampaikan Selamat atas diraihnya medali emas dari cabang olahraga karate oleh Adika Miftachul Ulum pada Porseni Ke XII Politehnik Negeri Se Indonesia. 

Sebagai orang tua tentunya sangat bangga memiliki anak berprestasi seperti itu, namun demikian hal tersebut tidak mudah dilakukan, untuk itu pada kesempatan ini saya sangat berharap kepada seluruh anggota Kodim 0824 maupun masyarakat untuk membina putra putri kita sebagai bagian generasi bangsa dengan memberikan kegiatan melalui cabang olah raga maupun kegiatan ekstra lainnya yang mampu menyalurkan bakat  hingga meraih prestasinya, sebagai bagian dari tanggung jawab kita sebagai orang tua. 

"Sehingga anak-anak kita memiliki kualifikasi dan prestasi yang membanggakan dirinya, keluarganya, daerah maupun negara bahkan Bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi bekalnya dalam meniti masa anak-anak kita," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar 




Komentar Anda

Berita Terkini