Desa Pante Belum Memiliki Kantor Kepala Desa.

Harian 9 author photo
ACEH UTARA| H9
Abdurrahman, Kepala Desa sudah Dua periode memimpin desa Pante kecamatan Syamtalira Aron kabupaten Aceh Utara Abdurrahman masih berkantor di rumah pribadi, hingga saat ini desa tersebut belum memiliki kantor kepala desa.

Abdurrahman Sudah menjabat kepala desa sejak tahun 2007 hingga sekarang memasuki periode kedua, selama dua periode ia melakukan aktivitas pelayanan pemerintahan Gampong di rumahnya dan Meunasah.

“Sudah dua kali saya usulkan kepada pemerintah Kabupaten Aceh Utara, namun belum ada realisasi”jelas Abdurrahman.

Semua arsip desa tersimpan di rumah Geuchik, selain kurang efektif saat dibutuhkan juga rawan hilang dan tercecer, peran aparatur desa (Kaur), dan sekretaris desa juga melemah karena tidak ada lokasi khusus untuk bekerja sehingga kesulitan berkordinasi dan memberi intruksi, jelas Abdurrahman.

Kendala lainnya yang dirasakan, saat Kepala Deaa ada keperluan di luar desa, sementara warga butuh pelayanan di datangi ke rumah kepala desa tidak di tempat, di jumpai di luar arsip di rumah.

“Jika ada kantor, warga sudah jelas dimana bisa mendapat pelayanan administrasi desa, Geuchik tidak di tempat ada Kaur atau Sekdes yang bisa memberikan layanan sementara, jadi warga tidak perlu bolak-balik, tambah Abdurrahman.

Menurut Abdulrahman, tidak adanya kantor kepala desa juga mempengaruhi kinerja perangkat desa, berkas desa yang disimpan dirumahnya menghambat perangkat desa dalam bekerja, hal ini berbanding terbalik dengan desa yang memiliki kantor Kepala Deaa, tentunya akan memudahkan perangkat desa dan masyarakat itu sendiri.(man9)


Komentar Anda

Berita Terkini