Diduga Akibat Erosi, Pondasi Jembatan Penghubung Desa Sidingkat Ambruka

Harian 9 author photo




PALUTA| HARIAN9
Diduga akibat tanah letak pondasi bangunannya tergerus air, separuh badan jembatan penghubung di desa Sidingkat, kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) ambruk, Sabtu (1/9/2018). Salah seorang warga sekitar, Rowi Habibi Siregar (35) yang tinggal di dekat jembatan mengatakan, ambruknya separuh badan jembatan tersebut terjadi sekitar pukul 12.15 Wib secara tiba-tiba.

“Saya juga terkejut, tiba-tiba badan jembatan itu ambruk sendiri,” ujarnya.

Katanya, ambruknya separuh badan jembatan tersebut diduga karena tanah tempat letak pondasinya sudah habis terkikis arus air dari sungai tersebut.

Ketika ditanya apakah saat ambruknya badan jembatan tersebut, ada kenderaan atau angkutan yang melintas, ia menjawab tidak ada dan badan jembatan tersebut ambruk sendiri secara tiba-tiba.

“Ambruk sendiri, mungkin tanah pondasinya sudah habis terkikis air,” katanya.

Sementara, pelaksana harian kepala Dinas PU dan PR kabupaten Paluta Hendrik Gunawan Harahap didampingi Kabid Bina Marga M Nuh Pulungan mengatakan begitu menerima informasi atas kejadian ambruknya badan jembatan tersebut langsung turun untuk meninjau kondisi di lokasi.

Setelah dilakukan peninjauan dan pemeriksaan langsung ke lokasi, kuat dugaan ambruknya badan jembatan tersebut akibat tanah yang selama ini sudah terkikis air sehingga pondasi jembatan tersebut terjatuh dan ambruk.

“Dari kondisinya, dugaan karena tanah letak pondasi jembatan itu terkikis air. Karena nampaknya tanah pondasi itu sudah berlubang akibat diterjang arus sungai,” ujar Hendrik yang di amini oleh M Nuh Pulungan.

Hendrik menambahkan, pihaknya akan segera melakukan penanggulangan terhadap kondisi jembatan ini untuk segera diperbaiki.

Katanya, untuk penganggaran perbaikan jembatan ini nantinya akan dilakukan secepat mungkin dan paling tidak pada saat penganggaran P-APBD di 2018 ini.

“Karena yang ambruk hanya sebagian badan jembatan, untuk sementara masih bisa dilalui. Untuk perbaikan akan segera kita anggarkan paling tidak di P-APBD tahun ini,” ujarnya.
Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menurunkan alat berat untuk penanganan awal pembersihan material runtuhan jembatan.(dek9)


Komentar Anda

Berita Terkini