Emak Rohana Siregar Terharu, Bupati Syahrul Kunjungi Desanya

Harian 9 author photo
TAPSEL| HARIAN9
Tangis dan rasa haru dari kalangan emak-emak warga Dusun Utte Rudang Desa Pargarutan Dolok Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tidak terbendung, saat menyambut Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengunjungi desa mereka dalam rangka kunjungan kerja melihat kondisi warganya di daerah-daerah terpencil, Selasa (4/9/2018).

Keharuan kaum emak-emak tersebut karena merasa bangga atas kunjungan orang nomor satu di Kabupaten Tapsel Syahrul M. Pasaribu yang didampingi sejumah staf diantaranya Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Saulian Sabbih, Camat Kecamatan Angkola Timur Darwin Dalimunthe dan Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar, ke desa mereka, yang menurut pengakuan warga baru kali ini ada pejabat nomor satu dari Kabupaten yang berkunjung ke Desa mereka.

Seperti yang dituturkan emak Rohana Siregar kepada Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, bahwa Dusun Utte Rudang hanya dihuni 10 Kepala Keluarga (KK). Namun perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel terhadap Dusun mereka cukup besar, hal itu terbukti selama 4 tahun berturut-turut, di Dusun mereka telah dibangun fasilitas insfrastruktur berupa jalan usaha tani dan juga pembangunan irigasi.

Namun katanya, dari sekian banyak program pembangunan yang menyentuh Dusun mereka, rasanya masih ada yang kurang lengkkap, karena salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat Dusun Utte Rudang sama sekali belum terpenuhi yakni Dusun meeka masih belum teraliri jaringan listrik.

“ Terkadang kami merasa sedih melihat anak-anak kami yang belajar hanya menggunakan lampu teplok ataupun lampu sumbu dengan botol yang diisi minyak tanah, sehingga saat bangun pagi, hidung anak-anak sudah hitam karena asap dari lampu sumbu. Kondisi ini sudah berlangsung bertahun-tahun dan patut kami syukuri, semangat anak-anak untuk belajar dan bersekolah cukup tinggi, “ tutur Emak Rohana.

Demikian juga disampaikan tokoh masyarakat Dusun Utte Rudang, Mahmud Siregar dan Usman Harahap, yang menurut mereka, apa yang telah diperbuat oleh Pemkab Tapsel dalam kurun 4 tahun terakhir ini sudah dapat dinikmati dan sangat disyukuri oleh warga setempat.

“ Pembangunan insfrastruktur jalan usaha tani dan pembangunan irigasi untuk pertanian selama 4 tahun berturut-turut memang terus berlanjut dan hasilnya sudah termikmati. Namun rasanya kurang lengkap kalau Dusun kami ini belum dialiri listrik, yang memang sangat kami idam-idamkan untuk segera dibangun, “ ujar mereka.

Menyahuti keluhan dan permintaan warga, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengatakan kalau Dusun Utte Rudang sudah masuk program untuk dialiri listrik dan sesungguhya ia telah berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Padangsidimpuan agar  Dusun Utte Rudang menjadi prioritas pembangunan jaringan listrik.

“ Terakhir saya telah memanggil pihak PLN, agar sebelum 17 Agustus yang lalu, pihak PLN  agar segera memasang tiang listrik ke Dusun tersebut yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Desa terdekat yang sudah memiliki jaringan listrik, “ katanya.

Syahrul mengharapkan, dengan sudah diprogramkannya Dusun Utte Rudang untuk dialiri listrik, kiranya warga Dusun yang berjumlah 100 KK tersebut secepatnya membuat permohonan kepada PLN dan ditembuskan kepada Pemkab Tapsel agar pemasangan jaringan listrik cepat terwujud.

“ Permohonan yang diajukan agar rumah warga bersedia dialiri jaringan listrik, serta mengikhlaskan pekarangan warga dilintasi kabel listrik dan bersedia tanaman yang ada untuk dipotong apabila nantinya terkena pemasangan tiang atau kabel listrik, “ jelasnya.

Syahrul menambahkan, gencarnya berbagai program pembangunan diberbagai bidang, mulai pembangunan fisik, pembangunan keagamaan, pembangunan kelistrikan, semata-mata untuk kemajuan masyarakat Tapsel.

“ Dibalik gencarnya program pembangunan yang dilakukan, saya juga menyadari masih terdapat kekurangan sana sini, bahkan saya sadar pembangunan yang dilakukan ini belum dapat memuaskan semua orang. Namun yang jelasnya, saya bersama seluruh jajaran akan terus bergerak demi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera, “ terang Syahrul

Selain mengucapkan terimakasih, Bupati juga mengajak rekan-rekan media untuk tetap lebih pro aktif melakukan tugas sosial kontrolnya di tengah-tengah masyarakat demi mewujudkan percepatan pembangunan di daerah.

“Akselerasi pembangunan Tapsel dapat terwujud tidak lepas dari peran serta semua pihak atau stakeholders termasuk rekan rekan jurnalis, yang cukup gencar menjalankan fungsi kontrolnya,“ imbuhnya.

Terpisah, Camat Kecamatan Angkola Timur Darwin Dalimunthe mengatakan, bahwasanya pada tahun 2009 lalu, beberapa KK warga Dusun Utte Rudang tersebut sudah pernah menikmati listrik tenaga surya. Hanya saja panel atau alat-alat listrik tenaga surya tersebut sudah banyak yang using dan tidak terpakai lagi diakibatkan termakan usia sehingga banyak mengalami kerusakan dan material nyapun sudah banyak yang hilang.

“ Susuai dengan paparan Bapak Bupati Syahrul M Pasaribu tadi, kiranya program listrik masuk Dusun Utte Rudang secepatnya dapat terwujud dan saya harap masyarakat Dusun Utte Rudang tetap semangat untuk bekerja dan kompak dan tetap menjaga kedamaian di Dusun ini, “ ungkap Darwin. (Wan9)


Komentar Anda

Berita Terkini