Kader IPK Turun Ke Sawah Perangi Hama Tikus

Harian 9 author photo
TAPSEL| HARIAN9
Sebanyak 50 orang kader Ikatan Pemuda Karya (IPK) dibantu warga melakukan perburuan tikus untuk memerangi hama pengrusak tanaman padi di areal persawahan di Kelurahan Panabari Kecamatan Tano Tombangan (Tantom) Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Senin (3/9/2018).

Areal persawahan yang menjadi sasaran perburuan hama tikus yang dikoordinir Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPK Kecamatan Tantom Angkola Hermanto Sianturi terdiri dari 3 lokasi masing-masing, Lingkungan Padang Bujur, Lingkungan Banjar Rongit, Lingkungan Huta Tonga, yang masing-masing lokasi dipimpin ketua kelompok yakni, kelompok I dipimpin Kepala Ligkungan (Kepling) Padang Bujur Adnan Marzuki Silitonga, kelompok II dipimpin Kepling Banjar Rongit Lamhot Pasaribu, kelompok III dipimpin Kepling Huta Tonga Doklan Sitompul.

Sementara dalam aksi ‘perang’ melawan hama tikus yang berlangsung satu hari tersebut dihadiri Lurah Panabari Ali Kopter Simanjuntak, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IPK Kabupaten Tapsel Zainal Abidin Harahap, Sekretaris IPK Ahmad Muda Hasibuan dan Bendahara Bung Dido.

Hingga berakhirnya perburuan, 2230 ekor tikus berhasil ditangkap dan dikumpulkan untuk dimusnahkan dengan cara dibakar. Selain itu juga, peserta pemburu hama tikus berhasil menangkap tiga ekor ular sawah yang rata-rata panjangnya mencapai 4 meter  dan dilepas kembali ke habitatnya karena berfungsi sebagai hewan peredator tikus.

Usai melaksanakan kegiatan perburuan hama tikus tersebut, Ketua PAC IPK Kecamatan Tantom Angkola Hermanto Sianturi menyampaikan, perburuan hama tikus ini, mereka lakukan dengan beberapa cara, yang salah satunya dengan menggali lubang tikus, kemudian menggebuk tikus saat keluar dari lubangnya, selain itu dengan cara mengisi lubang-lubang tikus dengan air kemudian tikus yang keluar dari lubang langsung dipukul dengan kayu serta denga cara menggunakan racun tikus.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan arahan bagaimana cara berburu tikus dengan menggunakan pentungan dan secara sporadis, para pemburu tikus turun dari sawah yang satu ke sawah yang lainnya. Karena jika ancaman serangan tikus tidak segera diatasi, akan menjadi ancaman di masa tanam hingga menyebabkan gagal panen.

Sementara Ketua DPD IPK Kabupaten Tapsel Zainal Abidin Harahap, didampingi Sekretaris Ahmad Muda Hasibuan mengatakan, ada dua hama yang dapat mengganggu dan menggagalkan panen petani sawah yaitu hama tikus dan wereng dan hama ini kerap menyerang wilayah persawahan di Kecamatan Batang Angkola, Kecamatan Sayur Matinggi dan Kecamatan Tantom Angkola.

Disebutkannya, aksi perburuan hama tikus ini dilakukan untuk menyelamatkan areal pertanian di Kecamatan Tantom Angkola dan sekitarnya dari ancaman serangan tikus yang sering terjadi menjelang musim panen.

Ia juga mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh PAC IPK Kecamatan Tantom Angkola bersama dengan seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Panabari dan menekankan agar kader IPK di Tantom Angkola ini untuk selalu hadir di tengah masyarakat memberi rasa nyaman dan melakukan Karya Nyata, Bukan Karya Kata.

“ Disamping mendukung program ketahanan pangan, kegiatan perburuan tikus ini juga secara tidak langsung menumbuhkan semangat gotong royong antara kader IPK dengan masyarakat petani dalam mengatasi hama tikus di sawah warga, “ ujar Zainal  Abidin.

Menurutnya, aksi ini juga untuk membantu para petani menekan serangan hama tikus yang membuat rusaknya tanaman padi. Sebab jika dibiarkan, populasi musuh utama petani itu bakal terus bertambah, sehingga dapat menyebabkan terganggunya ketahanan pangan.

“ Mudah-mudahan saja kegiatan ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, sehingga gangguan hama tikus dapat berkurang dan hasil panen meningkat untuk menunjang program ketahanan pangan yang telah dicanangkan pemerintah  Kabupaten Tapsel dan dapat membantu para petani yang selama ini mengeluhkan adanya hama tikus yang kerap merusak tanaman padi, “ imbuhnya yang disambut masyarakat dengan yel-yel…hidup IPK... IPK Setia.... IPK luar biasa.

Lurah Panabari Ali Kopter Simanjuntak menuturkan, atas nama masyarakat kami mengapresiasi kegiatan perburuan hama tikus yang di laksanakan kader IPK di lahan persawahan di wilayah Kecamatan Tamntom Angkola ini.

“ Kegiatan yang dilakukan IPK bersama masyarakat ini sangat positif, yang salah satu tujuannya mendukung swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah dan juga untuk membantu para petani yang selama ini mengeluhkan adanya hama tikus yang kerap merusak tanaman padi dan perburuan ini dianggap ampuh untuk mengusir hama tikus yang meresahkan petani, “ tuturnya.  (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini