Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Sukses Atas Terbentuknya PD BARUPAS KOTA MEDAN Pimpinan Umum, Pimpinan Redaksi Beserta Seluruh Jajaran wartawan dan staf HARIAN9, Mengucapkan Selamat Kepada Saudara Ir. KHAIRI AMRI Atas Terpilih Menjadi KETUA PW BARUPAS SUMATERA UTARA PERIODE 2018 - 2023

Memajukan Perempuan Tapsel Dibutuhkan Ide Yang Brilian

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Sebagai tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP & PA) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar training of trainer (TOT) Penyusunan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tahun 2018 yang berlangsung di Hotel Mega Permata Padangsidimpuan, Jumat (21/9).

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu SH, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel Drs. Parulian Nasution MM, dihadiri Kepala Dinas (Kadis) PP & PA Tapsel Dra. Tiorisma Damayanti MM, Sekretaris Dinas PP & PA Tapsel Hubban Hasibuan, diikuti peserta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tapsel, perwakilan Kecamatan, serta menghadirkan narasumber Dra. Hj. Marhamah M.Si dari Dinas PP & PA Provinsi Sumatera Utara dan Dosen dari Fisipol Universitas Sumatera Utara Khairani Siregar S Sos Msp.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya disampaikan Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM berpesan agar dalam penyusunan penganggaran responsif gender nantinya, diperlukan ide maupun gagasan yang brilian dalam memajukan perempuan Tapsel. 

“Saya mengapresiasi Dinas PP & PA Kabupaten Tapsel yang saat ini memiliki hubungan yang cukup baik dengan Kementrian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia. Untuk itu saya harapkan agar program yang ada di Kementerian juga bisa berjalan dan menyebar di Kabupaten Tapsel,“ harapnya. 

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, perlunya koordinasi yang baik antar OPD di lingkungan Pemkab Tapsel untuk bisa mengisi setiap program yang mengarah kepada Pengarusutamaan Gender, bahkan pemikiran dan ide seluruh peserta sangat dibutuhkan dalam PPRG ini.

“Untuk itu diperlukan berbagai macam bentuk pelatihan agar perempuan di Tapsel bisa lebih eksis dalam menjalankan PUG dan kepada seluruh peserta TOT dapat memberikan pemikiran yang cerdas untuk bisa mewarnai emansipasi perempuan di Tapsel,“ tuturnya.

Sementara Kadis PP & PA Tapsel Dra. Tiorisma Damayanti MM mengatakan, kegiatan PPRG ini berlangsung selama tiga hari (21 s/d 23 September 2018), dengan peserta TOT berasal dari Sub Bagian Perencanaan dan Program dari seluruh OPD di Tapsel.

“Diharapkan, TOT PPRG ini selesai akan dilanjutkan dengan melakukan pendampingan kepada seluruh perangkat Desa di Tapsel dalam menyusun anggaran Pengarusutamaan Gender Tahun 2019,“ terangnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution MM menyampaikan arahan pada pembukaan TOT PPRG Tahun 2018 di Hotel Mega Permata Padangsidimpuan, Jumat (21/9). (Foto: Riswandy)




Komentar Anda

Berita Terkini