Peletakan Batu Pertama Pembangunan Mesjid An-Nur Desa Lubuk Torop

Harian 9 author photo
Anggota DPRD Paluta dari PPP H Mula Tua Siregar melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid An-Nur Desa Lubuk Torop, Kecamatan Padang Bolak. (Foto: Akhir S Rambe)


PALUTA| HARIAN9
Proses pembangunan Mesjid An-Nur yang terletak di Desa Lubuk Torop, Wilayah Hulu Batang Pane, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama yang juga bertepatan dengan momen Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Selasa (11/9) kemarin.

Turut hadir pada peletakan batu pertama pembangunan Masjid An-Nur yakni, Tokoh masyarakat Hulu Batang Pane, H Mula Tua Siregar yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Paluta, Kepala Kantor Kementerian Agama Paluta H Permohonan, Ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar dan masyarakat desa Lubuk Torop, kecamatan Padang Bolak.

Ketua Panitia pembangunan masjid, Sutan Martua Simamora didampingi Pendi Siregar dalam laporannya mengatakan, tahap pembangunan sekaligus peningkatan bangunan Mesjid An-Nur sudah dimulai yang berdiri diatas lahan dengan luas sekitar setengah hektar dengan kapasitas dapat menampung 100 jemaah. 

Katanya, pelepasan lahan dan biaya Masjid merupakan wakaf dan hibah masyarakat desa Lubuk Torop beserta sejumlah putra perantau asal desa tersebut.

"Biaya pembangunannya merupakan hasil dana yang dikumpul dari masyarakat. Dan kami juga masih sangat mengharapkan dukungan dari Pemkab Paluta, serta semua pihak untuk membantu dalam perbangunan Mesjid ini kedepannya," harapnya.

Ditambahkannya, pembangunan dilaksanakan karena Mesjid yang lama sudah tidak memungkinkan lagi untuk dipergunakan, karena jemaah semakin banyak dan untuk perluasan pembangunan sudah tidak memungkinkan, sehingga berdasarkan kesepakatan rapat bersama tokoh masyarakat dan alim ulama, dibangunlah Masjid baru An-Nur.

Sementara itu, tokoh masyarakat H Mula Tua Siregar yang juga anggota DPRD Paluta yang juga merupakan tokoh kebanggaan masyarakat Hulu Batang Pane menyampaikan, sangat menyambut baik dan gembira atas keinginan masyarakat memiliki mesjid baru. 

H Mula Tua berharap, agar kelak apabila Mesjid An-Nur ini sudah selesai dan berdiri dengan megah agar jangan dibiarkan saja, akan tetapi diramaikan dengan menjalankan ibadah baik sholat lima waktu, maupun majlis taklim, TPA dan mesjid ini bisa dijadikan pusat kajian ilmu agama. 

H Mula Tua Siregar yang maju kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPRD Paluta periode 2019-2024 ini juga mengucapkan terima kasih kepada para pengurus mesjid dan semua pihak yang terkait atas kinerja dan perjuangannya dalam membangun mesjid ini. 

"Semoga proses perjuangan yang berat ini bisa terus dipertahankan dengan memakmurkan mesjid ini kedepannya untuk meningkatkan iman dan taqwa khususnya daerah Lubuk Torop dan wilayah Hulu Batang Pane," kata H Mula Tua Siregar. (Kadek9)
Editor: Mardan H Siregar 



Komentar Anda

Berita Terkini