Pj. Walikota Padangsidimpuan Terima Mahasiswa PBL FK USU

Harian 9 author photo
Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM didampingi Sekda Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi, MM, Asisten II Ekbang Rahuddin Harahap, SH dan Asisten III Administrasi Dilham Lubis foto bersama dengan para mahasiswa FK USU yang melakukan PBL di Kota Padangsidimpuan, Kamis (13/9). (Foto: Riswandy)

PADANGSIDIMPUAN| HARIAN9
Penjabat (Pj) Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM menerima kunjungan sebanyak 90 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU) yang akan melaksanakan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kota Padangsidimpuan, bertempat di aula Kantor Walikota Padangsidimpuan, Kamis (13/9).

Saat menerima kunjungan tersebut, Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padangsidimpuan Drs. H Zulpeddi, MM, Asisten II Ekbang Rahuddin Harahap, SH dan Asisten III Administrasi Dilham Lubis..

Pj. Walikota Padangsidimpuan DR H Sarmadan Hasibuan, SH, MM dalam sambutannya  mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada FK USU yang menjadikan Kota Padangsidimpuan sebagai tempat PBL bagi masiswanya yang dilaksanakan selama 90 hari.

“Salam hangat atas nama pemerintah kota kami senang menerima mahasiswa FK USU ini dan kami siap untuk berkoordinansi untuk mendistribusikan para mahasiswa PBL di enam Kecamatan yang ada di Kota Padangsidimpuan dan mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu Kota Padangsidimpuan dalam menemukan permasalahan kesehatan yang ada,” ucap Sarmadan.

Dalam kesempatan itu, Sarmadan juga menyampaikan, pada bidang kesehatan terdapat beberapa program esensial yang merupakan tanggung jawab pemerintah diantaranya program promosi kesehatan, kesehatan lingkungan, pencegahan penyakit menular, kesehatan keluarga dan reproduksi, perbaikan gizi masyarakat, penyembuhan penyakit dan pelayanan kesehatan.

“Saya mengharapkan, dengan kehadiran mahasiswa FK USU dapat memberi motivasi kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan khususnya daerah yang merupakan lokasi PBL, sehingga masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan mereka sendiri,“ tuturnya.

Pj. Walikota juga meminta Dinas Kesehatan KOta Padangsidimpuan serta pihak Kecamatan maupun Desa dapat saling bersinergi dan memfasilitasi dengan baik segala keperluan yang dibutuhkan menyangkut proses belajar mengajar mahasiswa PBL dari FK USU ini.

Mewakili pendamping mahasiswa yang PBL mengatakan, pelaksanaan PBL ini sebagai bentuk kerjasama Pemko Padangsidimpuan dengan USU untuk mencetak generasi unggul khususnya dalam bidang  kesehatan, dengan melakukan pengalaman belajar lapangan di Padangsidimpuan.

“Dengan adanya PBL ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi warga Desa. Selain itu dapat menjadi perbandingan antara teori di bangku kuliah dengan apa yang didapat di lapangan, mengenali karakteristik masyarakat dan dapat  beradaptasi dengan  lingkungan, saling koordinasi sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar


                                                                                    


Komentar Anda

Berita Terkini