Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP

Buya Rafdinal,S.Sos.,MAP
Caleg DPRD Kota Medan Dapil 1 No. 4

Si Mokos Diserbu Siswa MI Diponegoro Panti

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (Si Mokos) motor unik yang digemari adik-adik siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat hadir di Halaman Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Diponegoro Ds Panti Kec Panti Kab Jember, pada Rabu (26/09/2018) Pukul 10.00 WIB.

Baru memasuki halaman sekolah sebanyak 135 siswa-siswi sekolah didampingi para guru yang baru selesai melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) sudah menyambut suka ria dengan teriakan “Si Mokos Datang, Si Mokos Datang” dan langsung menyerbu saat Si Mokos berhenti dihadapannya.

Kedatangan Si Mokos di MI Diponegoro tersebut di hadiri oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0824 Kapten Arm M Ismuni, Danramil 0824/14 Panti Kapten Inf Suparno bersama Peltu Kusmanto, Babinsa Panti Sertu M Taufik dan Si Mokos sendiri  di operatori oleh Serma Iwan Abdilah, Sertu Sujito, Sertu Rendra dan PNS Sandi.

Turut membantu dalam operasional Si Mokos tersebut 2 orang Resimen Mahasiswa dari Batalyon Menwa 847  IKIP PGRI Jember.

Siswa-siswi dari MI Diponegoro sebelum membaca buku-buku bacaan dan menyaksikan film perjuangan diajarkan yel-yel selamat pagi dan diberikan game-game oleh Serma Iwan Abdilah diantaranya siapa yang bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, Siapa yang bisa menyanyikan Lagu Garuda Pancasila dan lain-lain dan bagi yang bisa diberikan hadiah berupa makanan ringan dari operator.

Dalam wawancaranya sekelompok Siswa yang telah membaca bacaan dari Si Mokos menyampaikan senang sekali dengan kedatangan Si Mokos bahkan menyarankan kalau bisa datang disekolahnya seminggu sekali. 

Demikian halnya dengan kelompok siswi yang juga sedang membaca buku bacaan saat kami wawancarai bagaimana tanggapannya dengan kedatangan Si Mokos ini menyampaikan bahwa mereka sangat senang sekali dan menyarankan kedatangan Si Mokos ini seminggu sekali ke sekolahnya.

Sama halnya dengan Bu Guru Sri Wahyuni dalam wawancaranya juga menyampaikan bahwa dengan kedatangan Si Mokos ini anak-anak sangat terkesan karena yang pertama dioperatori oleh TNI sehingga mereka antusias, yang kedua motornya sangat unik dan buku bacaannya banyak yang menarik.

Bahkan kita guru sekolah juga sangat terbantu sekali karena disekolah ini belum memiliki ruang baca atau perpustakaan, sehingga dengan adanya  Si Mokos dengan aneka ragam buku bacaan ini sangat membantu sekali, karena adik-adik tidak hanya memerlukan bacaan ilmu pengetahuan sesuai kurikulum saja tetapi juga perlu tambahan wawasan dari buku bacaan umum.

Menyikapi operasional Si Mokos di Wilayah Kodim 0824 Jember Komandan Kodim Letkol Inf Arif Munawar sangat bangga, mantap Si Mokos diserbu siswa. Katanya dengan senyuman lebarnya.

Terkait keberadaan Si Mokos tersebut merupakan inisiasi dari Kodam V/Brw bahkan diwilayah Kodam lainnya belum ada, dan Kodam V/Brw baru dapat memberikan satu unit motor roda tiga dengan berbagai buku bacaannya tersebut, sehingga memang sangat kurang sekali namun nantinya operasionalnya akan kita atur sehingga bisa datang secara merata diseluruh sekolah di Kabupaten Jember. (Sis24) 
Editor: Mardan H Siregar

(Foto: Sis24)


Komentar Anda

Berita Terkini