MOTO HARIAN9 ADALAH "MENCERDASKAN UMAT"

Tim Monitoring Sumut Kunjungi Desa Binaan Di Tapsel

harian9.com author photo


TAPSEL| HARIAN9
Tim monitoring Desa Binaan dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dipimpin Ketua TP PKK Provsu Ny. Kartika Eko Subowo didampingi Wakil Ketua I Ny. Mahleni Aspan Sopian, Wakil Ketua II dan Sekretaris TP PKK Sumut Ny. Neti, mengunjungi Desa Telu Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Jum,at (31/8/2018).

Dalam kunjungan tersebut, tim monitoring Desa Binaan dari TP PKK Sumut disambut Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu,  pimpinan OPD Tapsel, Camat,  Forkopimcam,  PKK Kabupaten,  Kecamatan dan Desa Telo, BKMT, Ketua MUI Kecamatan, Karang Taruna,  Kepala Desa se-Kecamatan Batangtoru dan tokoh masyarakat Desa Telo, di halaman SDN 100715 Desa Telo Kecamatan Batangtoru.

Kunjungan tim monitoring dari Provsu tersebut terbagi dalam enam tim yang secara serentak mengunjungi 6 Desa di 6 Kecamatan yang merupakan pemenang dari 10 program PKK Tingkat Kabupaten Tapsel yaitu, Desa Huraba Kecamatan Marancar untuk kategori UP2K PKK, Desa Muara Hutaraja Kecamatan Muara Batangtoru Kategori PTP2 WKSS.

Kemudian,  Desa Silaiya Kecamatan Sayurmatinggi Kategori PAAR, Desa Aek Haminjom Kecamatan Arse Kategori Hatinya PKK, Puskesmas Pargarutan dengan Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur Kategori Iva Test serta Desa Telo Kecamatan Batangtoru Kategori PHBS yang seluruhnya langsung dikunjungi oleh Ketua TP PKK Provsu. 

Ketua TP PKK Provsu Ny. Kartika Eko Subowo mengapresiasi atas semangat Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel yang terus aktif turun secara langsung melakukan pembinaan dan bahkan telah melampaui rentang kendali.

“ Saya mengingatkan, yang terpenting dalam monitoring tersebut kondisi Desanya harus sesuai dengan indikator penilaian yang tujuan utamanya adalah harus mampu melaksanakan fungsinya sebagai desa binaan, “ ujar Ny Kartika Eko Sobowo.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungan tim monitoring dari Provsu yang langsung dipimpin oleh Ketua TP PKK Provsu Ny. Iit Kartika Eko Subowo.

Syahrul mengatakan, akselerasi dan gerakan PKK sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di semua lini menuju masyarakat yang sejahtera. Seperti yang kita lihat di Desa Telo sekarang ini pola pikir dan perilaku masyarakatnya 100 persen sudah berubah setelah ditetapkannya Desa ini sebagai Desa Binaan Kategori PHBS.

“ Padahal, dua tahun lalu masyarakatnya sangat sedikit sekali yang memiliki jamban tapi sekarang setelah dijadikan sebagai Desa binaan yang melibatkan semua stakeholder termasuk Karang Taruna, Desa Telo ini sekarang telah menjadi Desa percontohan stop BABS dan menjadi Desa Binaan kategori PHBS yang mewakili Tapsel di tingkat Provsu, “ terang Syahrul.

Untuk itu ia mengajak semua elemen masyarakat dan stakeholder terkait agar dalam melakukan semua pekerjaan dibarengi dengan niat yang tulus ikhlas agar kita semua bisa menjadi bahagian dari pelaku sejarah.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu mengatakan, seluruh Desa yang dikunjungi tim monitoring merupakan juara lomba Desa Binaan tahun 2018 di Kabupaten Tapsel dan merupakan prioritas serta siap untuk masuk di enam besar dalam kategori lomba Desa Binaan di tingkat Provsu.

“ Kami optimis seluruh Desa yang dikunjungi tim monitoring akan memperoleh hasil terbaik di tingkat Provsu, karena selama ini semua Desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapsel yang mengikuti lomba telah diupayakan semaksimal mungkin agar semuanya memenuhi indikator lomba dan telah dilakukan pembinaan sesuai dengan rentang kendali yakni 6-9-12 yang selama ini telah dilaksanakan, Bahkan jumlah pembinaan melampaui ketentuan rentang kendali, “ ujar Syaufia. 

Dalam kunjungan monitoring tersebut diisi wawancara dengan Ketua TP PKK Desa Telo dan sesi tanya jawab. Tim Monitoring juga berkesempatan melihat pertunjukan bazar UP2K PKK Desa Telo serta meninjau langsung Kantor Kepala Desa Telo. 

Semetara juga tiga Kecamatan juga menyerahkan laporan Kegiatan Desa binaannya ke Tim Monitoring dari Provinsi yaitu Kecamatan Angkola Barat,  Tantom Angkola dan Kecamatan Angkola Sangkunur. (Wan9)

Komentar Anda

Berita Terkini