30 Wartawan Ikut UKW Angkatan XIX PWI Sumut

Harian 9 author photo

TAPSEL| H9
Sebanyak 30 Wartawan dari berbagai media baik media cetak, online dan elektronik mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XIX yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), bekerjasama dengan PT. Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emad Martabe Batangtoru di Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan, Senin (29/10).

UKW yang dibuka oleh Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM, berlangsung selama dua hari Senin -Selasa (29-30 Oktober 2018), dihadiri Ketua PWI Sumut H.Hermansjah, Wakil Ketua Khairul Muslim, perwakilan Tambang Emas Martabe Katarina Siburian dan sejumlah staf.

Sementara tim penguji UKW dari Dewan Pers yang berjumlah 5 orang masing-masing, Roni Simon, Drs. Mhd. Syahrir dan H. Hermansjah dari PWI Sumut, Eka Putra Najir dari PWI Riau dan Cahyo Adi  yang merupakan Ketua Departemen Organisasi dan Daerah PWI Pusat.

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, diwakili Sekdakab Tapsel Drs. Parulian Nasution, MM menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapsel mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Tambang Emas Martabe Batangtoru yang telah dua kali menyelengarakan UKW di wilayah Tapsel.

"Pemkab Tapsel merasa salut dan bangga kepada Tambang Emas Martabe Batangtoru yang tak pernah menyerah menciptakan dan mewujudkan wartawan yang profesional dan tetap memotivasi agar wartawan banyak menulis dan berbuat dalam rangka pembangunan," ujar Parulian

Parulian juga mengajak para kalangan wartawan banyak membaca, karena dengan membaca ilmu semakin memperkaya khasanah dalam menulis. Selain itu wartawan juga harus mampu memikirkan yang sebelum terpikirkan dibalik otak yang berpikir,

Sebelumnya Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, mengatakan, PWI sudah 348 kali menyelenggarakan UKW di Indonesia sementara untuk Sumut sudah angkatan yang ke-19 dan telah mencetak sebanyak 9.704 wartawan yang berkompeten dan di Sumut sudah ada 540 orang wartawan yang kompeten.

Menurutnya, menjadi wartawan itu gampang, siapa saja bisa. Walau Undang-undang Nomor 40 tentang Pers tidak membatasi itu. Namun UKW itu penting guns membentengi wartawan untuk bertugas menjalanjan profesinya secara profesional. 

Ia berharap seluruh 30 peserta yang ikut UKW angkatan XIX ini dapat lulus dan menjadi wartawan yang kompeten. 

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada PT.Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Martabe, Batangtoru yang telah bersedia bahkan sudah dua kali menggelar UKW," kata Hermansjah.

Diungkapkannya bahwa PWI terus menjalankan program Dewan Pers yakni UKW dengan menggandeng mitra PWI dan dalam waktu dekat juga, PWI akan menggelar UKW angkatan ke-20 yang PWI bekerjasama dengan pihak ketiga yakni perusahaan jaring apung Danau Toba dan akan dilaksanakan di Parapat.

"PWI berharap semakin banyak mitra-mitra kerja yang mau bekerjasama dengan PWI dalam rangka menciptakan wartawan berkompeten khususnya di Sumut," katanya. 

Mewakili PT.Agincourt Resources, Manager Corporate Communication, Katerina Siburian, menjelaskan, bahwa kesediaan pihaknya menyelenggarakan UKW sebagai bentuk kepedulian mereka menciptakan wartawan yang profesional di Sumut.

"Kiranya dengan UKW, ini kapabilitas, kapasitas para wartawan dapat lebih meningkat dan semakin profesional dalam menjalankan tugas dan fungsiya selaku control sosial ditengah masyarakat," pungkasnya.

Sementara mewakili PWI pusat Cahyo Adi menyampaikan, UKW merupakan amanah UU No 40 tahun 1999, yang salah satu tujuannya membantu wartawan agar kompetensi di bidangnya dan dapat memenuhi kewajiban sesuai  standarisasi jurnalistik.

"Wartawan yang tidak kompeten informasi yang disampaikan serampangan dan sering  membingungkan publik. Untuk itu mari kita  tingkatkan kualitas wartawan melalui UKW," imbuhnya. (Wan9)
Editor: Mardan H Siregar 

Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, menyampaikan sambutan pada pembukaan UKW angkatan XIX yang diselenggarakan PWI Sumatera Sumut, bekerjasama dengan PT. Agincourt Resources di Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan, Senin (29/10). (Foto: Riswandy)



Komentar Anda

Berita Terkini