Babinsa Slateng Koramil 0824/06 Ledokombo Bersama PPL Pendampingan Panen Padi

Harian 9 author photo

JEMBER| H9
Bertempat di lahan Pak Munir anggota Pok Tani Sejahtera Dsn Krajan Desa Slateng Kec Ledokombo Kab Jember dilaksanakan panen padi seluas 1 hektar jenis varietas Cibogo, Jumat (19/10/2018) Pukul 08.00 WIB.

Hadir dalam rangka pendampingan diantaranya Babinsa Serda Calisto bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) Rachnanto, Ketua Kelompok Tani Sejahtera Imam Nawawi.

Pada kesempatan tersebut Serda Calisto bersama Rachnanto memberikan himbauan agar padi yang dipanen dijual kepada Petugas Serapan Gabah Petani dari Bulog maupun Kodim 0824 Jember, kemudian dalam rangka meningkatkan Luas tambah Tanam (LTT) agar dilakukan percepatan tanam dengan menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan).

Menurut Imam Nawawi saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih dengan adanya pendampingan pada program ketahanan pangan ini, karena Babinsa maupun PPL selalu aktif melaksanakan pendampingan dan memberikan arahan kepada petani sehingga hasil panen petani selama ini relatif lebih bagus dan serangan hama relatif sangat minim. 

Kemudian terkait dengan penjualan hasil panen selama ini  Kelompok Tani Sejahtera selama ini telah melaksanakan kerja sama dengan Bulog Jember termasuk hasil panen saat ini, terkait percepatan tanam kita juga sangat mendukung karena percepatan tanam ini sangat membantu efektifitas pembiayaan dan waktu pengolahan, sehingga menguntungkan petani.

Danramil 0824/06 Ledokombo dalam konfirmasinya membenarkan adanya kegiatan pendampingan Babinsa jajarannya termasuk Babinsa Slateng tersebut, untuk musim panen dan tanam di wilayah Kecamatan Ledokombo ini memang tidak serentak sehingga setiap harinya ada yang panen dan adapula yang tanam.

Sehingga dalam rangka peningkatan produksi pertanian Babinsa diharapkan selalu berkoordinasi dengan PPL untuk lebih intensif melaksanakan pendampingan diwilayah desa binaannya.

Komandan Kodim 0824 jember Letkol Inf Arif Munawar terkait kegiatan pendampingan menyampaikan apresiasinya kepada anggota Babinsa jajarannya yang telah melaksanakan kegiatan pendampingan dengan intensif bersama PPL dan pemangku urusan pertanian lainnya.

"Saat ini kita memasuki musim tanam Oktober 2018-Maret 2019, pada musim tanam ini diharapkan terjadi peningkatan baik LTT maupun Produktifitas pertaniannya, sehingga mampu memantapkan stock pangan utamanya padi baik ditingkat daerah maupun secara nasional, apalagi dengan adanya bencana alam di beberapa tempat di tanah air yang tentunya tidak dapat berproduksi pertaniannya," tegas Letkol Inf Arif Munawar. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar

 (Foto: Sis24)


Komentar Anda

Berita Terkini