Batang Angkola Raih Juara Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten Tapsel

Harian 9 author photo
TAPSEL| H9
Kecamatan Batang Angkola meraih juara pertama dalam acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Simbang dan Aman (LCM B2SA) Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2018 yang digelar di aula Rumah Dinas Bupati Tapsel Jalan Prof. Lafran Pane Kompleks Perkantoran Pemerintahan Bupati Tapsel Sipirok, Rabu (17/10/2018).

Acara lomba B2SA yang mengusung tema ‘ Mari Kita Tingkatkan Inovasi dan Kreativitas Makanan B2SA Berbasis Pangan Lokal ‘, dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapsel, bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Tapsel, yang pesertanya terdiri dari seluruh PKK 15 Kecamatan yang ada di Tapsel ditambah dua peserta kombinasi dari PKK Kabupaten dan Kelompok Wanita Tani Tapsel. 

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tapsel Ir. Aswin Efendi Siregar MM,  Tokoh Sumut Syamsul Qomar, Plt Kadis Kesehatan Drs. Marasaud, Staf Ahli Syahgiman Siregar, Camat, KTNA Tapsel serta seluruh Ketua TP PKK Kecamatan se-Tapsel.

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam bimbingannya,  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Ketapang Tapsel dan Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny. Hj. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu yang telah berkolaborasi demi suksesnya acara tersebut.

“ Sebab berbagai keberhasilan yang telah diraih oleh Pemkab Tapsel saat ini saya pastikan banyak peran PKK didalamnya dan kesuksesan Pembangunan Tapsel juga tidak terlepas dari peran PKK, “ terang Syahrul. 

Sisi lain, Syahrul juga mengatakan, kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahun ini hendaknya juga bisa menghasilkan kreasi dan inovasi baru dalam menu ragam masakan yang tidak hanya bergantung kepada beras dan baik dari segi kesehatan.

“ Diharapkan, berharap melalui kegiatan lomba ini, berbagai kreasi yang ditampilkan seperti menu yang berbasis sumber daya lokal ini nantinya dapat diterapkan jadi menu keluarga sehari-hari, “ tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tapsel Efridayanti Pakpahan, STP, MM mengatakan, tujuan  dari dilaksanakannya lomba tersebut adalah untuk menumbuhkan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam mengkonsumsi makanan jangan hanya  tergantung pada satu jenis makanan pokok saja, juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengkonsumsi non beras.

“ Dilaksanakannya kegiatan ini salah satunya untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat, khususnya ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan dan menciptakan menu B2SA berbasis daya lokal, untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari hari,” ujar Efridayanti.

Ia berharap melalui kegiatan lomba ini, berbagai kreasi yang ditampilkan seperti menu yang berbasis sumber daya lokal ini nantinya dapat diterapkan jadi menu di dalam keluarga sehari-hari.

Dalam lomba tersebut tampil sebagai juara pertama adalah Kecamatan Batang Angkola,  disusul Juara II Kecamatan Arse,  serta Juara III Kecamatan Angkola Barat. Untuk juara pertama nantinya akan diikutikan lagi di LCM B2SA  tingkat Provinsi untuk tahun 2019 nanti. (Wan9)



Komentar Anda

Berita Terkini