Dalam Rangka HUT TNI Koramil 0824/15 Bangsalsari Selenggarakan Lomba PBB SMP/SMA/SMK

Harian 9 author photo

JEMBER|H9 
Dalam rangka HUT Ke 73 TNI berbagai kegiatan dilaksanakan baik oleh Satuan kodim 0824 maupun koramil Jajarannya, seperti yang dilakukan di Koramil 0824/15 Bangsalsari yang menyelenggarakan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) atau yang sederajat.

Lomba PBB tersebut memperebutkan Piala Bergilir Danramil 0824/15 Bangsalsari serta uang pembinaan untuk juara diambil Juara I, Juara II dan Juara III masing-masing akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp.500.000,-.

Peserta merupakan pelajar SMP/SMA/SMK atau yang sederajat diwilayah Kecamatan Bangsalsari, adapun peserta yang mengikuti kejuaraan tersebut ada 20 regu dari SMP atau yang sederajat, dan 17 regu dari SMA/SMK atau yang sederajat,  lomba terebut ditempatkan di Halaman Balai Kecamatan Bangsalsari yang dibuka oleh Sekretaris Camat Bangsalsari Tatang Prijanggono.

Lomba yang dilaksnakan sehari pada Rabu 17/10/2018 tersebut dibuka pada pukul 07.30 Wib, hadir pada kesempatan tersebut mewakili Camat Bangsalsari Sekcam Bangsalsari Tatang Prijanggono, Danramil 0824/15 Bangsalsari kapten Ind Hendra Faizar, Kepala Desa Bangsalsari Adi Susanto, Ketua Persit KCK Ranting 16 Koramil 0824/15 Bangsalsari Ny. Hendra Faizar, dewan juri, guru pendamping dan peserta.

Dalam sambutannya Tatang Prijantoro menyampaikan permohonan Camat Bangsalsari yang tidak dapat hadir dan membuka acara ini karena ada kegiatan dinas keluar kota sehingga diwakilkan kepada dirinya, terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan ini Tatang Prijanggono menyampaikan terima kasih kepada Danramil 0824/15 Bangsalsari yang menginisiasi kegiatan Lomba PBB ini.

Dengan Lomba PBB ini merupakan keberlanjutan Program Satu Sekolah Satu TNI yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan pelajar, pemuda-pemudi sebagai kader generasi bangsa.

Menurut Utami Dewi Guru pendamping dari MTs Negeri 4 Bangsalsari sebagai guru saya mendukung sepenuhnya karena anak-anak disiplinnya meningkat, rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air dan persatuan kesatuan adik-adik ini lebih meningkat.

Meningkatnya kedisiplinan dan lain-lain tersebut  bermuara pengaruh pembelajaran dimana mereka yang aktif di Paskibraka atau PBB tentunya sangat disiplin waktu belajar, rasa toleransinya terhadap teman tinggi dan lain-lain yang sangat membantu mempermudah kegiatan pembelajaran.  

Demikian pula Adi Susanto kepala Desa Bangsalsari mewakili masyarakat yang juga hadir pada pembukaan lomba menyampaikan dukungannya dengan diadakannya lomba PBB ini, hal ini tentu sangat berpengaruh dalam membentuk karakter pelajar sebagai bagian dari generasi muda kader penerus bangsa, bahkan Adi Susanto berharap kegiatan ini harus menjadi agenda tahunan dan ditahun mendatang akan kita kemas lebih baik lagi.

Sementara itu Danramil 0824/15 Bangsalsari Kapten Arm Hendra Faizar saat diwawancarai menyampaikan bahwa Lomba ini terinspirasi dari Program 1 Sekolah Satu TNI yang sudah dilaksanakan diseluruh sekolah baik SMP maupun SMA atau yang sederajat diseluruh Kabupaten Jember, sehingga dalam rangka membudayakan kedisiplinan, persatuan dan kesatuan,  rasa cinta tanah air kami  menyelenggarakan Lomba PBB ini.

Lebih Lanjut kapten Arm Hendra Faizar menyampaikan  Lomba PBB ini responnya cukup baik dari sekolah-sekolah maupun masyarakat, pesertanyapun sangat antusias hingga ada yang memakai kostum pakaian tradisional, pakaian Paskibraka maupun almamater sekolah, bahkan tadi guru-guru Sekolah Dasar (SD) pun banyak yang berharap diadakannya Lomba PBB ini untuk tingkat SD.

Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi via selulernya terkait kegiatan yang dilaksanakan jajarannya tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap  kreatifitas jajaran terutama Koramil 0824/15 Bangsalsari dalam menyemarakkan HUT Ke 73 TNI dengan mengadakan Lomba PBB.

"Kegiatan seperti itu disamping dalam rangka memenuhi program kegiatan satuan bidang Pembinaan Perlawanan Rakyat, tentunya memiliki nilai strategis dalam membentuk karakter generasi muda bangsa sebagai kader-kader pemimpin bangsa dimasa mendatang, generasi muda kita harus selalu kita bimbing dan kita bekali kedisiplinan dan wawasan yang memadai  dalam menghadapi berbagai tantangannya dimasanya nanti," kata Letkol Ind Arif Munawar.

"Selanjutnya saya sampaikan terima kasih kepada Panitia, Muspika Bangsalsari, Kepala Desa dan wabil khusus kepada Para Lembaga Sekolah yang telah mendukung kegiatan tersebut, keapda peserta saya sampaikan selamat berlomba semoga berkah dan manfaat kegiatan tersebut mampu mendukung tugas dan pengabdian kita dalam menjaga kejayaan dan keutuhan NKRI," pungkasnya. 

Keluar sebagai Juara diantaranya juara I Tingkat SMP atau yang sederajat Juara I SMPN 3 Bangsalari, Juara II SMPN 3 Bangsalsari, Juara III MTs Negeri 4 Bangsalsari, Untuk Tingkat SMA dan yang sederajat Juara I  SMA 06 Maarif Bangsalsari, Juara II SMK  Bani Kozin Bangsalsari dan Juara III SMK 3  Mambaul Hoirat Bangsalsari, kegiatan selesai pukul 16.30 WIB. (Sis24)
Editor: Mardan H Siregar 

(Foto: Sis24)



Komentar Anda

Berita Terkini